Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Perbaikan Tiga Makam Pahlawan di Kotabumi Terkesan Asal-alasan

Perbaikan Tiga Makam Pahlawan di Kotabumi Terkesan Asal-alasan

711
BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

Dua makam pahlawan ‎di kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Lampung Utara yang sama sekali belum pernah diperbaiki. (Teraslampung.com/Feaby Handana).

KOTABUMI–Pemkab Lampung Utara telah memperbaiki tiga makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP)  yang amblas, di Jalan Tjoekoel Soebroto, Kotabumi. Sayangnya, perbaikan ketiga makam pejuang kemerdekaan tersebut terkesan seadanya alias asal-asalan.

Pantauan Teraslampung.com di lokasi, Kamis (6/8) siang, perbaikan makam Patimosastro Utomo yang menjadi salah satu dari tiga makam yang amblas dikerjakan seadanya. Meski telah diperbaiki dan diberi nisan baru yang terbuat dari batu, tidak ada epitaf atau  pahatan nama pahlawan di nisan baru itu. Bekas nisan pejuang itu yang sebelumnya terbuat dari kayu dibiarkan tergeletak begitu saja di atas makam tersebut.

Mirisnya lagi, perbaikan makam hanya fokus pada ketiga makam yang amblas itu saja. Sementara dua makam pahlawan lainnya yang sama sekali belum disemen sama sekali tak tersentuh perbaikan. Praktis, hanya dua makam tersebut saja yang sama sekali belu disemen oleh Pemkab. Selain itu, semak belukar di sebelah kiri kompleks TMP ini juga dibiarkan saja tanpa ada penataan atau pemangkasan.

Perbaikan makam Patimosastro Utomo yang menjadi salah satu dari tiga makam yang amblas di kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Lampung Utara terkesan dikerjakan. (Foto: Teraslampung/Feaby Handana)

Sayangnya, tak ada satu petinggi Dinas Sosial, Transmigrasi, dan Tenaga Kerja (Dinsosnakertrans) yang berhasil ditemui di kantornya seputar buruknya kualitas perbaikan makam pahlawan itu dan semak belukar di TMP. Sebab, pemeliharaan TMP di bawah tanggung jawab Dinsosnakertrans. Kepala Dinsosnakertrans, Edwar berikut Kepala Bidang yang menangani pemeliharaan TMP, yakni bidang Kesejahteraan Sosial, Heri Ikhsan tak ada di kantornya.

“Pak Kadis (Edwar) ke provinsi‎ mas. Kalau pak Heri sepertinya lagi ke luar,” kata salah seorang pegawai Dinsosnakertrans.

Sebelumnya, Senin (3/8), tiga makam pahlawan di kompleks TMP amblas. Ketiga makam itu yakni makam Patimosastro Utomo, Mayor TNI Al Rahman Sirait, dan makam Mayor Ibrahim.

Kepala Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Lampura, Saleh Ahmad dengan tegas meminta Pemkab Lampung Utara untuk lebih memperhatikan perawatan makam para pelaku sejarah tersebut. Mengingat para pahlawan itu turut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan di negeri ini.

“Tolonglah diperhatikan lagi makam para pahlawan itu. Karena mereka yang memiliki andil atas kemerdekaan ini,” kata dia.

Loading...