Perbaiki Infrastruktur, Pemkab Lampura Rencanakan Pinjaman Rp124 Miliar

  • Bagikan
Ketua Panitia Kerja Badan Anggaran DPRD Lampung Utara, Herwan Mega menjelaskan rencana pinjaman PEN untuk tahun 2022
Herwan Mega

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi–Pemkab Lampung Utara berencana melakukan pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional atau PEN sebesar Rp124 pada pemerintah pusat. Pinjaman itu digunakan untuk memperbaiki sarana infrastruktur tahun 2022.

“Memang benar Lampung Utara berencana meminjam anggaran PEN pada pemerintah pusat,” jelas Ketua Panitia Kerja Badan Anggaran DPRD Lampung Utara, Herwan Mega, Senin (23/8/2021).

Rencana peminjaman PEN itu diketahuinya dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah Lampung Utara. Rencana itu disampaikan dalam pembahasan pra rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara tahun 2022 beberapa waktu lalu.

‎”Total pinjaman PEN itu direncanakan sebesar Rp124 Miliar,” terangnya.

‎Menurut Herwan, pinjaman PEN itu akan dipergunakan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas infrastruktur Lampung Utara. Sejak beberapa tahun terakhir, sebagian besar infrastruktur seperti jalan dan jembatan, serta gedung mengalami kerusakan ‎yang cukup parah.

“Itulah tujuan utama dari pinjaman PEN tersebut,” kata dia.

Ratusan Miliar dana PEN itu akan dialokasikan pada dua perangkat daerah. Perangkat – perangkat daerah itu, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan Dinas Perdagangan Lampung Utara.

“Pinjaman PEN yang dialokasikan untuk Dinas Perdagangan rencananya akan digunakan untuk merelokasi pasar,” jelasnya.

Kendati demikian, Herwan Mega belum mengetahui perkembangan terakhir mengenai rencana PEN itu apakah telah terealiasi atau sebaliknya. Yang pasti, pinjaman itu hingga kini masih belum masuk dalam pembahasan Rancangan KUA-PPAS tahun 2022.

“Belum ada dalam KUA-PPAS 2022, tapi ‎jika pinjaman itu disetujui pemerintah pusat setelah KUA-PPAS atau Rancangan APBD disahkan maka akan diatur dalam peraturan bupati,” papar dia.

  • Bagikan