Beranda News Pusiban Perbaiki Jalan Rusak, Gubernur Janji akan Cari Pinjaman Rp 1 Triliun

Perbaiki Jalan Rusak, Gubernur Janji akan Cari Pinjaman Rp 1 Triliun

125
BERBAGI
Gubernur Lampung Ridho Ficardo menyapa anak-anak saat melakukan Safari Ramadhan di rumah dinas Bupati Lampung Timur, Rabu petang (24/6/2015). Foto: Yopie Pangkey

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Perjalanan Gubernur Lampung Ridho Ficardo dari Bandarlampung menuju Lampung Timur dengan mobil untuk Safari Ramadhan di Lampung Timur, Rabu (24/6/2015) makin menyadarkannya pentingnya memperbaiki jalan rusak di Lampung. Ridho mengaku, karena dana yang dimiliki Pemprov Lampung tidak cukup untuk memperbaiki semua jalan rusak, dirinya berjanji akan mencari pinjaman lunak senilai Rp 1 triliun.

“Sebenarnya pada tahun anggaran 2015 Pemprov sudah menganggarkan dana Rp 55 miliar untuk memeperbaiki ruas jalan yang rusak di Lampumg Timur. Ditambah DAK Rp 10 miliar, sehingga ada dana Rp 65 miliar untuk perbaikan jalan di Lamtim. Namun, dana itu masih kurang mengingat ruas jalan rusak di Lampung Timur lumayan panjang dan ada di beberapa ruas,” kata Gubernur.

Menurut Gubernur, pengalihan jalur (jalur (alternatif) akibat adanya jembatan rusak di Lampung menyebabkan ada tambahan 10 ruas jalan rusak di Lampung.

“Pengalihan jalan akibat jembatan rusak menambah berat kerusakan-kerusakan jalan di Lampung, khususnya di Lampung Timur yang menjadi lalu lintas kendaraan berat dari luar daerah,” katanya.

Selain itu paparan Gubernur terkait perbaikan jalan di Lampung Timur terdapat tambahan dana dari DAK sekitar 10 miliar. Jadi, dana untuk perbaikan jalan di Kabupaten Lampung Timur pada tahun ini sekitar 65 Miliar.

Gubernur mengakui dana sebesar itu tidak cukup untuk memperbaiki seluruh ruas jalan rusak di Lamtim.Namun, kata Gubernur, sementara ini baru segitulah kemampuan yang dimiliki Pemprov Lampung.

“Porsi anggaran untuk perbaikan jalan sebenarnya sudah sangat besar, yakni  50% dari total anggaran pembangunan. Karena anggaran kurang, saya berjanji akan  usahakan mencari pinjaman lunak agar sebisa mungkin perbaikan jalan bisa cepat dilakukan pemerataannya. Pemprov akan cari softloans sebesar 1 triliun, untuk percepatan dan pemerataan perbaikan infrastruktur jalan” ujarnya.

Loading...