Beranda News Pusiban Peringatan Hari Lansia Digelar di Panti Tresna Werda Natar

Peringatan Hari Lansia Digelar di Panti Tresna Werda Natar

202
BERBAGI
Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Ny. Aprilani Yustiin Ficardo menyerahkan bantuan kepada penghuni Panti Tresna Werdha, Selasa (9/6/2015).

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com– Hari Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Provinsi Lampung diperinagati di UPTD Panti Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha Natar, Lampung Selatan, Selasa  (9/6/2015).

Ketika membacakan sambutan Menteri Sosial, Asisten Gubernur Lampung Bidang Kesra Ellya Muchtan mengatakan Indonesia saat ini termasuk lima besar negara yang berpenduduk lanjut usia terbanyak di dunia, yang tentunya memiliki konsekuensi terhadap besarnya kebutuhan akan pelayanan dan perlindungan sosial lanjut usia.

Selain itu, kata Ellya, dalam era globalisasi, dengan mobilitas penduduk semakin tinggi dan berimplikasi terhadap pola  hidup dan kehidupan masyarakat membuat  keberadaan lanjut usia sering dianggap beban dalam keluarga,  sehingga kurang mendapat perhatian bahkan kadang kala terabaikan.

“Perhatian Kementerian Sosial dengan kebijakan pelayanan sosial lanjut usia melalui Panti Sosial Lanjut Usia, pendampingan dan perawatan sosial lansia di rumah, pelayanan harian lanjut usia, pemberian bantuan sosial langsung bagi Lansia melalui Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT),” kata Ellya.

Menurut Ellya,  beberapa upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk membantu para lansia antara lain bantuan sosial bagi lanjut usia melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Lansia, uji coba layanan pelayanan dan perawatan khusus lanjut usia,  bedah rumah lansia, serta dukungan keluarga.

Aspek yang kini menjadi perhatian pemerintah, kata Ellya, antara kondisi kesehatan dengan akses pelayanan  yang   sebagian   besar   belum  santun lansia, terbatasnya peluang lansia untuk berpatisipasi dalam kegiatan pembangunan, jaminan sosial di hari tua yang belum pasti  serta lingkungan yang belum ramah bagi lansia merupakan beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian dan tindakan kita semua.

“Sebagai pelaksana pembangunan kesejahtera-an sosial, Saya merasakan peran para lanjut usia tetap penting dalam pembangunan kesejahteraan sosial.  Para lanjut usia adalah tokoh yang dapat berfungsi sebagai pemelihara nilai dan norma sosial serta penjaga rambu-rambu sosial,” tambah Ellya.

Acara ini dihadiri antara lain Kadis Sosial Prov. Lampung Satria Alam, Kadis Kesehatan Reihana, Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Lampung Ny. Aprilani Yustin Ficardo, dan para undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Penggerak PKK Provinsi Lampung Ny. Aprilani Yustin Ficardo menyerahkan bantuan kepada para lansia penghuni panti.

Loading...