Peringati HUT RI, Pawai Obor Digelar di Batam

  • Bagikan
Komandan Kodim 0316 Batam Letkol Inf Sigit Dharma Wiryawan menyalakan obor sebagai simbolis dilaksanakannya Pawai Obor dalam rangkain acara HUT RI ke 76. (Foto: W Asmeral/Terasbatam.iuid)
Komandan Kodim 0316 Batam Letkol Inf Sigit Dharma Wiryawan menyalakan obor sebagai simbolis dilaksanakannya Pawai Obor dalam rangkain acara HUT RI ke 76. (Foto: W Asmeral/Terasbatam.iuid)

TERASLAMPUNG.COM, BATAM — Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI ke 76, warga Kota Batam menggelar upacara pawai obor atau taptu, Senin petang (16/8/2021). Upacara para anggota  TNI, Polri, Satpol PP, Ditpam,  dan Pramuka dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Komandan Kodim 0316 Batam Letkol Inf Sigit Dharma Wiryawan kepada www.terasbatam.id mengatakan, kegiatan upacara Pawai Obor dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat sejak dari sore hingga menjelang dinihari nanti.

“Seluruh personel yang melaksanakan acara ini dilaksanakan swab, kemudian pelaksanaan upacara jaraknya juga dijaga sedemikian rupa,” kata Sigit yang didampingi oleh Walikota Batam Muhammad Rudi saat memberikan keterangan kepada wartawan.

Upacara Taptu dan Pawai Obor dilaksanakan di depan Dataran Engku Hamida dan pawai obor dilaksanakan dari dari Dataran Engku Hamida hingga ke Bundaran Madani. Upacara dan Pawai Obor diikuti dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Ditpam BP Batam dan Pramuka.

“Kegiatan malam ini kita melaksanakan taptu dan pawai obor merupakan salah satu rangkaian HUT Kemerdekaan ke 76 yang akan kita laksanakan besok,” kata Sigit.

Sigit juga mengatakan, pelaksanaan upacara dan pawai obor dengan Prokes yang ketat merupakan komitmen Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) di kota Batam dalam rangka untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah dalam satu minggu terakhir ini menurun, kami berharap kepada masyarakat juga, bahwa tetap mematuhi prokes dan jaga jarak, serta mobilitas,” kata Sigit.

Upacara Taptu adalah tradisi kemiliteran yang sudah dilakukan sejak dahulu, ketika akan menjelang hari kemerdekaan. Kegiatan ini untuk mengingatkan pasukan agar dapat meningkatkan kewaspadaan di tengah tugas dan panggilan Negara.

TERASBATAM.ID

Taptu dan renungan suci di makam pahlawan merupakan rangkaian tradisi kegiatan nasional yang dilaksanakan sehari sebelum hari kemerdekaan Republik Indonesia, atau pada tanggal 16 Agustus, dan biasanya dilaksanakan pada sore atau malam hari.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page