Perjalanan Budaya SSW Mengabadikan Kota Pusaka Lasem dalam Sketsa

  • Bagikan

TERASJATENG.ID — Semarang Sketcwalk (SSW) mengadakan perjalanan budaya ke Kota Pusaka Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Perjalanan Komunitas SSW berjargon “One Sketch on a Moment” itu mengusung tajuk: “Lasem Heritage Sketch Jouney” ini berlangsung Sabtu – Minggu 2 -3 Oktober 2021.

Ketua Semarang Sketcwalk Ratna Sawitri mengatakan, Lasem merupakan salah satu kota heritage terkenal dengan batiknya, Klenteng Cu An Kiong sebagai klenteng tertua di Jawa, Pondok Bodho Al frustasiyah, Rumah batik Nya Kiok, dan juga Roemah Oei serta Omah Idjo. “Untuk itulah Semarang Sketcwalk akan mengabadikannya dalam karya sketsa. Kami ingin merekam dan membangun memori dengan goresan sketsa dan lukisan yang tentunya beda dengan karya fotografi,” ujar Nana panggilan karib Ketua SSW ini.

Lebih lanjut, Ratna memaparkan, kegiatan perjalanan budaya ini terselenggara berkat dukungan dari Ibu Grace dan Bapak Hardhono Susanto, Batik Nya Kiok dan jRumah Besaran Bapak Udaya Halim owner Benteng Heritage Tangerang, dan juga Dinindagkopukm pemerintah kabupaten Rembang.

Agenda Kegiatan
Dari Kora Semarang rombongan SSWlangsung akan mengunjungi Rumah Besaran milik Bapak Udaya Halim, kemudian ke Undangan dari Dinindagkopukm Bazaar Batik Pendopo kabupaten Rembang. dalam rangka hari Batik Nasional.

Kemudian lanjut bernagkat ke Kota Pusaka Lasem menyambangi Rumah Batik Nya Kiok, Karangturi Lasem. Di Rumah Batik Nya Kiok rombongan dijamu makan siang nakanan khas setempat lontong tuyuhan.

Selanjutnya Check indi Roemah Oei dan Omah Idjo. Setelah istirahat sejenak mulai Pukul 14.00 – 15.30 mulai beraksi nyeket on the spot (OTS) Roemah Oei . Setelah coffe Break lanjut OTS Omah Idjo.

Hasil karya nyeket OTS dikumpulkan untuk dipamerkan di Roemah Oei. Sambil istirahat memajang karya di Roemah Oei. Kemudian berlanjut makan malam dari Pukul 18.30 – 19.00 , diilanjutkan dengan diskusi sseni tentang Kota Lasem.dengan nara sumber Ibu drg. Grace W Susantob Bapak Profesor. Dr.dr.J Hardhono Susanto PAK (K), dan Ibu Widya Widjayanti, MPH, MURP.

Pada hari kedua, usai sarapan pagi di Roemah Oei, rombongan SSW berangkat OTS Klenteng TJioe An Kiong, terus OTS Pondok Bodho Alfrustasiyah Caruban kembali ke Roemah Oei dan Omah Idjo packing dan makan siang. Kemudian rombongan SSW kembali ke Semarang. Sayonara Lasem Kota Pusaka.

Christian Heru

  • Bagikan