Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Perjuangan Hak, Puluhan Tenaga Honorer di Lampura Minta Dukungan DPRD

Perjuangan Hak, Puluhan Tenaga Honorer di Lampura Minta Dukungan DPRD

469
BERBAGI
Suasana pertemuan anggota DPRD dengan puluhan tenaga honorer yang tergabung dalam FHKI

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Puluhan tenaga honorer‎ kategori II yang tergabung dalam Forum Honorer K2 Indonesia (FHKI) Lampung Utara mendatangi Gedung DPRD Lampung Utara, Senin (20/2/2017) sekitar pukul 14.00 WIB.

Para tenaga honorer K2‎ ini ingin dukungan moral dan materiil dari kalangan legislatif terkait rencana keberangkatan mereka menuju Jakarta untuk bergabung dengan puluhan ribu honorer K2 lainnya dalam aksi demonstrasi besar – besaran pada 22 – 23 Februari mendatang.

“‎Kedatangan kami ke gedung DPRD ini untuk meminta dukungan moral dan materiil dari wakil – wakil ‎kami di sini karena Selasa (esok, red) kami akan bertolak ke Jakarta untuk bergabung dalam aksi demonstrasi bersama rekan – rekan honorer lainnya dari seluruh Indonesia,” terang Koordinator Daerah FHKI, Denti Sriwati usai pertemuan dengan anggota DPRD, Senin (20/2/2017).

Menurut Denti, demonstrasi besar – besaran yang rencananya akan berlangsung selama dua hari itu untuk memprotes sikap ‎Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Sofyan Effendy dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB), Asman Abnur. Kedua pejabat itu dianggap tak berpihak dengan para honorer melalui pernyataan – pernyataan yang mereka keluarkan.

Ketua KASN, misalnya, secara terang – terangan bersikap men‎olak revisi UU ASN. Padahal, revisi UU ASN inilah yang menjadi satu – satunya pintu masuk para honorer untuk diangkat sebagai ASN. Kekesalan para honorer kian memuncak saat mengetahui MenPAN dan RV mendorong pemerintah untuk menetapkan Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Inilah yang mendasari para honorer di seluruh Indonesia menggelar aksi unjuk rasa di kantor KASN dan kantor MenPAN dan RB. Kami ingin memprotes sikap mereka yang tak berpihak dengan kaum kecil seperti kami ini,” tandasnya.

Menyikapi kedatangan puluhan honorer tersebut, Ketua DPRD, Rachmat Hartono mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh upaya para honorer untuk berangkat ke Jakarta sepanjang tujuan yang mereka perjuangan itu murni memperjuangkan hak dan tidak bernuansa politis. Pihaknya tak ingin niat baik para honorer untuk memperjuangkan nasib malah dimanfaatkan oknum – oknum yang tak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadi sehingga berpotensi merusak perjuangan mereka.

“Sepanjang ini murni untuk memperjuangkan hak, kami dukung penuh langkah mereka termasuk keberangkatan mereka ke Jakarta,” kata politisi PDIP itu.