Beranda News Olahraga Perkembangan Kelompok Suporter Sepak Bola Indonesia

Perkembangan Kelompok Suporter Sepak Bola Indonesia

1045
BERBAGI
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania. Antara

TERASLAMPUNG.COM — Sepak bola di Indonesia menjadi sebuah olahraga sekaligus hiburan yang menjadi primoadona sejak lama. Sepak bola merupakan sebuah olahraga dan hiburan bagi semua lapisan masyarakat. Sepak bola juga menjadi olahraga yang di cintai banyak masyarakat. Meskipun prestasi sepak bola Indonesia tidak terlalu baik masyarakat Indonesia tetaplah mencintai olahraga sepak bola ini.

Beberapa waktu belakangan ini suporter di Indonesia nampak mengalami kemajuan baik dari segi jumlahnya maupun hal-hal yang ada di dalamnya. Seiring dengan berkembangnya zaman suporter di Indonesia terus mengalami perubahan. Hampir segala aspek dalam suporter di Indonesia terus mengalami perubahan.

Di Indonesia sendiri istilah suporter sudah muncul cukup lam. Pada awalnya sepak bola hanyalah di saksikan penonton / penggemar sepak bola dengan cara hanya dengan duduk sambil menyaksikan pertandingan sepak bola saja,ini terjadi pada era perserikatan atau sekitar tahun 1930. Namun, seiring dengan berjalanya waktu munculah pemikiran dari sekelompok orang untuk memberikan dukungan kepada tim yang disukai dengan cara memberi dukungan lebih. Misalnya dengan cara memberi yel-yel,nyanyian,gerakan-gerakan atau juga suport moril kepada tim yang di dukungnnya. Sejak itu semakin banyak orang yang juga melakukan hal tersebut kepada tim yang di dukungnya yang pada ahirnya terbentuklah istilah suporter yang mendukung beberapa tim kebangganya masing-masing.

Pada tahun 80-an mulai mucullah pembentukan nama-nama suporter di Indonesia seperti Bonek mania pendukukung dari Persebaya Surabaya,The Jak mania pendukung dari tim Persija Jakarta, Arema Fans Club yang berubah nama menjadi Aremania yaitu pendukung tim Arema Malang, Viking yang merupakan pendukung dari tim Persib Bandung dan juga masih banyak nama-nama suporter lain.

Dari tahun ke tahun suporter di Indonesia terus berkembang hal tersebut dapat dilihat dari cara-cara mereka mendukung seperti chants-chants atau nyanyian yang semakin bervariasi, koreografi atau juga spanduk-spanduk yang mereka ciptakan untuk mendukung tim kebanggan.

Pada awalnya suporter Indonesia mendukung tim-tim kebangganya hanya dengan cara sederhana saja. Misalnya  memberikan nyanyian, gerkan-gerakan, kini sudah mulai berkembang dengan cara-cara yang yang baru. Perkembangan tersebut juga termasuk dari adobsi dari budaya suporter luar yang mulai di serap oleh suporter-suporter di Indonesia.

Saat ini suporter di Indonesia sudah berkembang cukup pesat. Sudah sangat banyak suporter-suporter di Indonesia yang terbentuk bahkan hampir setiap daerah di Indonesia. Mereka mempunyai ciri khas dan caranya tersendiri untuk mendukung timnya masing-masing, belakangan ini juga muncul banyak suporter-suporter baru yang mengusung cara atau budaya baru yang mempunyai cara-cara tersendiri untuk mendukung tim kesayanganya. Hal itu juga menjadi sebuah pemandangan baru yang menarik pada setiap pertandingan sepak bola di Indonesia.

Yang sangat menonjol dari kelompok suporter tersebut adalah militansinya. Bahkan, tidak jarang militansi yang mereka miliki kerap mengarah pada hal-ha yang destruktif. Misalnya dengan melakukan teror atau penyerangan secara fisik terhadap pemain atau kelompok suporter lain yang dianggap sebagai pesaing berat. Tidak jarang serangan itu berakibat fatal karena menjurus ke arah kriminal. Cerita soal suporter meninggal karena diserang kelompok suporter lain sudah banyak.

Oleh sebab itu, ada baiknya kelompok suporter sepak bola dikelola lebih profesional. Profesionalisme tidak hanya ditunjukkan dengan manajemen yang baik, tetapi juga dengan mengusung tujuan mulia. Yaitu menjunjung sportivitas. Harus diingat bahwa klub yang mereka dukung adalah kelompok olahraga. Dan, olahraga sudah tentu harus menekankan pentingnya sportivitas.

Dicky Pradiya, Mahasiswa Prodi PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Loading...