Beranda Ekbis Bisnis Perlindungan Mobil Tepat dengan Asuransi

Perlindungan Mobil Tepat dengan Asuransi

286
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Memiliki kendaraan pribadi yang sudah lama menjadi impian pasti menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi jika untuk memperolehnya melalui serangkaian proses yang panjang dan penuh perjuangan. Mulai dari harus menabung dulu hingga berhemat setiap saat.

Mobil tidak hanya berperan sebagai kendaraan penunjang mobilitas kita sehari-hari. Tapi juga, sebagai aset berharga. Apalagi dengan maraknya industri transportasi online, mobil bisa menjadi modal mencari penghasilan tambahan. Oleh karena itu, mobil juga layak mendapatkan proteksi.

Tentu saja, asuransi kendaraan adalah pilihan untuk melindungi harta berharga. Polis asuransi ini akan menjadi perlindungan bagi kendaraan kita saat hal-hal tak terduga seperti kecelakaan terjadi.

Perlu diingat lho, mobil sedikit lecet saja biaya perbaikannya besar karena harus diperbaiki secara menyeluruh. Berikut ini ada beberapa tips dalam menemukan asuransi kendaraan untuk mobil kita agar perlindungannya tepat:

1. Analisis Kebutuhan

Polis asuransi kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga setiap orang dengan mobil yang dimilikinya pasti punya kebutuhan dan keinginan tertentu atas risiko yang dimiliki mobilnya tersebut.

Pada polis asuransi kendaraan, biasanya ada dua pilihan. Jenis asuransi kendaraan yang all risk dan asuransi kendaraan TLO atau total loss only. All risk merupakan polis asuransi dengan biaya pertanggungan yang diberikan atas berbagai risiko yang terjadi atas mobil tersebut. Sedangkan total loss only, pertanggungan hanya diberikan pada mobil yang memiliki kerusakan lebih dari 75%.

2. Bandingkan Sebelum Memutuskan

Produk asuransi kendaraan banyak ditawarkan perusahaan asuransi. Bagi kamu yang masih baru, pasti bingung jika banyak tawaran seperti ini. Sebaiknya, kamu tidak hanya terpaku pada satu tawaran perusahaan. Bandingkan juga polis dari perusahaan asuransi lainnya.

Semakin banyak pilihan akan semakin memudahkan kamu dalam memutuskan polis asuransi kendaraan mana yang paling sesuai kebutuhan kendaraanmu.

3. Percayakan Pada Ahlinya

Masih bingung?

Mintalah rekomendasi perusahaan asuransi di Indonesia yang tepat dan terpercaya dari dealer tempat kamu membeli kendaraan tersebut. Mereka pasti punya perusahaan asuransi rekanan yang kredibilitasnya sudah mereka akui. Selain itu, kerja sama antara dealer dan perusahaan asuransi tersebut akan mempermudah kamu dalam proses pembeliannya. Bahkan mungkin, pihak dealer akan membantu mengurusnya langsung.

Untuk memudahkan pencarian produk asuransi sekarang bisa dilakukan lewat situs seperti Lifepal. Bahkan, situs ini menyediakan fitur chat untuk berdiskusi soal asuransi di nomor 0822-9999-6121

4. Perhatikan Kemudahan Klaim

Banyak yang enggan memiliki asuransi karena khawatir klaimnya suli. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli produk asuransi. Kemudahan dalam klaim adalah salah satunya.

Kemudahan klaim antara lain dapat dilihat dari segi waktu klaim (kapan klaim bisa dilakukan setelah terjadi kecelakaan tersebut) dan cara klaim (cukup pakai kartu asuransi dan tunjukan pada bengkel rekanan atau harus ke kantor asuransi tersebut dulu).

Beberapa perusahaan asuransi kini bahkan sudah menerapkan klaim digital. Mereka memiliki aplikasi untuk klaim yang mempermudah kita menarik dana tanpa perlu datang ke kantornya.

5. Premi Ringan Sesuai Kemampuan

Membeli polis asuransi itu sama seperti menabung. Bedanya, kalau menabung kita membuka rekening di bank dan kita tinggal tarik uang kapan saja (kecuali deposito dan tabungan rencana), sedangkan kalau asuransi premi yang kita bayarkan per bulan akan disimpan di perusahaan asuransi tersebut dan baru bisa kita klaim saat manfaat polis dibutuhkan. Tentu saja untuk kendaraan, dana asuransi akan cair saat terjadi kecelakaan. Jumlah yang diberikan sebagai tanggungan pun tidak sefleksibel tabungan, jumlahnya terbatas sesuai yang telah disepakati.

Asuransi tidak memberikan biaya perbaikan penuh karena perusahaan asuransi tahu kalau risiko yang sudah terjadi tersebut bisa saja terjadi kembali di kemudian hari dan pasti kita butuh biaya lagi. Oleh karena itu, sifat asuransi ini meringankan.

Dalam pembayaran premi per bulan tersebut, jumlah premi setiap jenis asuransi berbeda-beda. Tergantung pada kelebihan polis tersebut, termasuk biaya pertanggungan maksimal yang akan diberikannya pada saat klaim tersebut.

Karena kita memiliki pilihan, maka pilihlah biaya premi asuransi yang sesuai dengan kemampuan saja. Pastikan bahwa premi tersebut tidak akan mempengaruhi anggaran yang sudah kita buat setiap bulannya. Sehingga, tidak akan ada keluhan dari anggota keluarga lain yang merasa lebih penting mobil dibanding dirinya.

Loading...