Beranda News Internasional Pertemuan Donald Trump – Kim Jong-un Terancam Batal

Pertemuan Donald Trump – Kim Jong-un Terancam Batal

137
BERBAGI
Kim Jong Un - Foto dok Telegraph

TERASLAMPUNG.COM — Pertemuan bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam KTT Amerika Serikat – Korea Utara terancam batal. Hal itu  setelah Pyongyang menilai Amerika Serikat ingin mengatur secara sepihak apa yang didiskusikan di KTT 12 Juni mendatang. Meski begitu, ancaman Korea Utara tak membuat Donald Trump mundur.

The Guardian dalam edisi  Kamis 17 Mei 2018, melansir Donald Trump masih siap untuk bertemu pemimpin Kim Jong-un pada pertemuan puncak bulan depan, meskipun ada pernyataan dari Pyongyang bahwa mereka tidak tertarik untuk membahas tuntutan “satu sisi”. Dalam hal ini, Gedung Putih menuntut Korut menyerahkan senjata nuklirnya.

“Kami akan melihat apa yang terjadi,” kata Trump,saat wartawan bertanya apakah KTT yang direncanakan untuk 12 Juni 2018 di Singapura, masih tetap akan berlangsung.

Trump mengaku pihaknya belum tahu bahwa Korut telah membatalkan pertemuan secara sepihak.

Presiden Trump menegaskan akan bersikeras “denuklirisasi” pada pertemuan puncak pertemuan Trump dengan Kim. Namun, kata itu (denuklirisasi) ambigu. Korea Utara menggunakannya untuk menggambarkan proses jangka panjang di mana semua kekuatan senjata nuklir pada akhirnya akan melucuti senjatanya.

Sementara para pejabat pemerintahan Trump telah menafsirkannya sebagai pembongkaran dan pemberantasan senjata nuklir Korea Utara dan program rudal jarak jauh.

Sebelumnya,  John Bolton, penasihat keamanan nasional Trump, dan Mike Pompeo, sekretaris negara AS, dalam sebuah talkshow pada hari Minggu lalu (13/5/2018) memberikan versi yang berbeda dari posisi Amerika Serikat selama negosiasi berjalan.

Bolton dan Pompeo mengklaim bahwa kebijakan Trump tentang “tekanan maksimum” telah memaksa Kim maju ke meja perundingan. Bolton, melangkah lebih jauh dalam mendefinisikan denuklirisasi.

Dalam talkshow tersebut Bolton mengatakan,​ “(Denuklirisasi) Ini berarti menyingkirkan semua senjata nuklir, membongkar mereka, membawa mereka ke Oakridge, Tennessee. Ini berarti menyingkirkan pengayaan uranium dan kemampuan pemrosesan ulang plutonium.”

Oakridge merupakan fasilitas nuklir di Amerika Serikat.