Pertunjukan Kecapi Raksasa akan Digelar di Tangerang Selatan

  • Bagikan
Seni Kecapi. (dok thebantenjournal.com)

SERANG, Teraslampung.com–Untuk mengangkat kembali alat musik khas tradisional jenis kecapi, Majelis Nasional Pemuda Berbudaya (MNPB) akan mempersembahkan pergelaran kecapi raksasa di Perum Villa Inti Persada, Kampung Mangga, Pamulang Timur, Kota Tangerang Selatan, Jumat (10/10).

Pergelaran Kecapi bertajuk Naga Maung atau Maung Naga Ra, Maung Nara-ga dengan panjang 6 meter, tinggi 1.8 meter, lebar 1.6 meter dan berat 5 kwintal akan dipresentasikan oleh Ki Petir Damar Komara dan dipersembahkan untuk dunia.

Sekilas, kecapi tampak seperti alat musik yang sangat sederhana, tetapi membuatnya tidaklah gampang. Bahan bakunya saja terbuat dari kayu Kenanga yang terlebih dahulu direndam selama tiga bulan.

Sedangkan senarnya, kalau ingin menghasilkan nada yang bagus, harus dari kawat suasa (logam campuran emas dan tembaga), seperti kecapi yang dibuat ‘tempo doeloe’. Namun, kecapi sudah mulai langka dan kurang diminati generasi muda dan saat ini harganya pun menjadi mahal karena senar kecapi yang sekarang lebih banyak menggunakan kawat baja.

“Berangkat dari kondisi inilah, MNPB bersama penggiat budaya yang lainnya bertekad mengangkat kembali musik khas tradisional yang kondisinya sudah mulai di tinggalkan generasi muda,” ujar Tubagus Saptani Suria, Ketua Umum MNPB,

Acara yang mulai  pada tanggal 10 oktober 2014 jam 07.30 sampai dengan jam 11.00, bertempat di Bengkel Mobil Nawilis,  Perumahan Villa Inti ersada, Pamulang Timur, Tangerang Selatan, Banten.

Menurut Tubagus Saptani,  acara dimulai pukul 07:00 ini akan dihadiri penggiat budaya dari wilayah Sumedang, Bandung, Bogor, Betawi, Banten serta dari unsur pemerintahan.

Sumber: thebantenjournal.com

  • Bagikan