Perusahaan di Lampung Diminta Mendukung Program Olahraga

  • Bagikan

Ilustrasi kegiatan olahraga

Bandarlampung, Teraslampung.com— Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung Hanibal meminta agar perusahaan-perusahaan yang ada di Lampung dapat membantu program-program dan kegiatan di bidang keolahragaan agar lebih optimal dan membawa nama baik Provinsi Lampung melalui program  Corporate Social Responsibility (CSR).

  “Ke depan melalui program CSR perusahaan yang ada di Lampung dapat membantu program-program olahraga agar dapat  mengukir prestasi bukan hanya ditingkat nasional tetapi juga internasional,” katanya.

Hanibal meminta agar setelah diterbitkannya Peraturan  Daerah (Perda) No.16  Tahun 2013 semua pihak dapat menjalankannya sesuai dengan yang telah ditetapkan didalam peraturan ini. Seperti hak dan kewajiban pelaku olahraga, penyelenggara olahraga, organisasi induk cabang olahraga, dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan nama baik daerah dan bangsa, mengedepankan sikap sportif dan menaaati peraturan dan kode etik yang berlaku.

Hanibal mengatakan  keberadaan Peraturan Daerah No.16 tahun 2013 tentang penyelenggaraan keolahragaan dinas pemuda dan olahraga Provinsi Lampung untuk menumbuh kembangkan prestasi olahraga di bumi ruwai jurai sebagai mana tercantum dalam UU No.3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan  nasional bahwa pemerintah dan Pemda  wajib melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawabnya.

Di sisi lain, Perda  No.16 tahun 2013 ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk konkret upaya Pemda mewujudkan tanggung jawabnya dalam rangka pelaksanaan pembangunan di bidang kepemudaan dan keolahragaan secara berdaya guna, dan bertanggung jawab.

Menurutnya, Perda  ini merupakan salah satu strategi yang paling mendasar dalam upaya mewujudkan pelaksanaan pembangunan di bidang kepemudaan dan   keolahragaan   adalah  melalui dukungan dari berbagai pihak, karena keterbatasan anggaran APBD serta sarana dan prasarana olahraga yang belum maksimal baik dari segi pemeliharaan maupun penambahan sarana prasarana,

Sementara itu, menurut Tim Ahli pemuda Olahraga Unila, Frasns Nurseto, Peraturan Daerah tentang penyelenggaraan  keolahragaan ini agar terciptanya pelayanan yang terencana, berjenjang dan berkelanjutan dalam mewujudkan pembinaan dan pengembangan berbagai cabang olahraga.

“Bagi kita bahwa, apa yang kita laksanakan pada hari ini merupakan bentuk upaya Pemerintah Daerah serta berbagai elemen terkait dalam memajukan dan meningkatkan prestasi olahraga khususnya di Provinsi Lampung,” katanya.

Lina

  • Bagikan