Beranda Pendidikan Pesantren Ramadhan, Siswa-Siswi SMPN Bumi Agung Belajar Tawadhu dan Bela Negara

Pesantren Ramadhan, Siswa-Siswi SMPN Bumi Agung Belajar Tawadhu dan Bela Negara

589
BERBAGI
Pesantren Ramadhan di SMPN 1 Bumi Agung, Way Kanan. 18 – 20 Juni 2015.

WAYKANAN, Teraslampung.com — SMP N 1 Bumi Agung, Waykanan baru saja menggelar kegiatan Pesantren Ramadhan, 18-20 Juni lalu. Kegiatan itu mengajarkan sikap tawadhu dan bela NKRI.

Dalam Pesantren Ramadhan yang digelar di aula sekolah yang berada di kurang lebih 5 KM ujung perbatasan Provinsi Lampung dengan Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan  itu, para pemateri berupaya meningkatkan pengetahuan dan sikap tawadhu para siswa.

Susan Arisanti,  guru sekaligus pemateri Pesantren Ramadhan, mengatakan para siswa antusias menyambut acara Pesantren Ramadhan yang diikuti oleh kelas 7 dan 8 itu. Selain tekun menerima materi, para peserta umumnya ingin agar waktu Pesantren Ramadhan ditambah.

Menurut Susan, kegiatab Pesantren Ramadhan bertema  “Membentuk Insan Cendekia yang Tawadhu dan Moderat untuk Islam yang Rahmah” itu menjadi momentum bagi para siswa untuk mendalami Islam, baik secara kaffah, maupun rahmah.

“Agama Islam tumbuh dalam keselarasan sains dan spiritual. Dalam kegiatan ini, siswa tidak hanya diberi materi tentang ketauhidan, amalan ramadhan, fiqih, akhlak, namun siswa juga diajak belajar membaca Quran yang benar,” kata guru yang juga penulis novel roman religi tersebut.

Susan mengaku, meskipun kegiatan yang digelar itu singkat, diharapkan para siswa memiliki sikap tawadhu terhadap orang tua, guru, atau orang lain.

“Sebab sikap tawadhu memengaruhi keberkahan sebuah ilmu. Setelah tawadhu, siswa diharapkan bersikap moderat guna menunjukkan Islam adalah agama yang penuh kasih sayang. Sehingga paham radikal yang mengancam kedaulatan NKRI bisa ditangkal sejak dini,” ujar  aktivis Korps PMII Putri Provinsi Sumatera Selatan tersebut.

Devi,  siswi kelas 8, menilai Pesantren Ramadhan sangat bermanfaat dan mengharapkan kegiatan tersebut tidak berlangsung singkat.

“Kalau bisa Pesantren Ramadhan tahun depan waktunya diperpanjang. Bisa lebih dari seminggu karena sangat bermanfaat bagi kami,” katanya.

Selain Susan, pemateri lainnya dalam acara Pesantren Ramadhan di SMPN 1 Bumi Agung adalah anggota Dewan Guru yang dinilai berkompeten. Antara lain  Dra. Sri Lestari dan Siti Mntopiah.

Pengirim: Heri Amanudin

Sekolah Anda punya kegiatan menarik? Silakan kirimkan informasinya disertai foto ke email kami: teraslampung@gmail.com .Ukuran foto sebaiknya jangan kuran dari 50 KB. Gratis.

Loading...