Pesawat Air Asia Jurusan Surabaya-Singapura Hilang Kontak

  • Bagikan
Pesawat Air Asia. (dok wikimedia)

SURABAYA, Teraslampung.com — Pesawat Air Asia nomor penerbangan QZ8501 hilang kontak. Pesawat itu bertolak dari Surabaya menuju Singapura.

“Benar pesawat kami jurusan Surabaya Singapura dikabarkan hilang kontak,” ungkap Corporate Communication Manager Air Asia Audrey Progastama Petriny, seperti dilansir Liputan6.com, Minggu (28/12/2014).

Pesawat yang berangkat pukul 05.20 WIB dari Bandara Juanda itu berpenumpang 130 dewasa, 24 anak dan 1 bayi. Pesawat tersebut diduga hilang kontak sekitar pukul 07.55 WIB (data ATC Bandara Juanda). Seharusnya pesawat tersebut sudah sampai di Singapura pada pukul 08.30 WIB.

Sebagian besar penumpang pesawat tersebut adalah warga negara Indonesia (149 orang). Lainnya adalah warga Singapura (1 orang), Malaysia (1 orang), Inggris (1 orang), dan Korea Selatan (3 orang).

Sementara itu, staf khusus Menteri Perhubungan, Hadi Mustofa, mengatakan pilot pesawat tersebut sempat meminta untuk berbelok beberapa derajat, dari rute yang biasa.

“Agak sedikit menempuh jalur berbeda. Dalam situasi normal, memang biasanya ketika naik ketinggian, pesawat minta serong sedikit jalur semestinya. Pilot minta naik dari ketinggian 3200, ke ketinggian 3400,” katanya.

Menurut Hadi, permintaan itu disampaikan pilot karena diduga cuaca saat itu buruk.

Berikut data pesawat Air Asia yang hilang kontak tadi padi berdasarkan data dari ATC Bandara Juanda Surabaya:

Pesawat type Airbus A320
Regristrasi : PK – AXC
Route : SUB – SIN
Flight Number : QZ 8501
Sched. Time : departure 05.20 LT – arrival 08.30 LT
Komposisi Crew:
Captain : Iriyanto
FO : Reme Emmauel Plesel
4 Flight Attendants:
SFA : Wanti Setiawati
FA : Khairunisa Haidar Fauzi
FA : Oscar Desano
FA : Wismoyo Ari Prambudi
1 ENG : Saiful Rakhmad
Komposisi penumpang : 138 dewasa / 16 anak-anak / 01 bayi

  • Bagikan