Beranda Teras Berita Pesawat Jatuh di Iran, Puluhan Penumpangnya Tewas

Pesawat Jatuh di Iran, Puluhan Penumpangnya Tewas

210
BERBAGI
Bangkai pesawat Sepahan Airlines di permukiman dekat Bandara Mehrabad, Teheran, Minggu, 10 Agustus 2014. (dok AP)

TEHERAN. Teraslampung.com – Sebuah pesawat terbang dengan puluhan penumpang dikabarkan jatuh di sebuah perumahan dekat Bandara Mehrabad Teheran, Iran, Minggu (10/8/2014). Seluruh penumpang dilaporkan tewas.

Jumlah penumpang yang menaiki pesawat Sepahan Airlines tersebut hingga kini masih simpang siur. BBC melansir jumlah penumpang pesawat bermesin turboprop, yang dirancang oleh biro Antonov ASTC dari Ukraina itu mengangkut 48 orang, yang terdiri dari 40 penumpang dan 8 kru pesawat. Sementara Straits Times melansir penumpang tersebut berjumlah 40 orang, termasuk 6 anak-anak dan 8 awak kapal. Semuanya tewas.

“Semua penumpang tewas,” kata juru bicara pemadam kebakaran kepada kantor berita IRNA, seperti dikutip Straits Times, Minggu (10/8/2014).

Pesawat Iran 140 Sepahan Air itu jatuh pada pukul 09.18 waktu setempat, tak lama setelah lepas landas dari bandara. Pesawat dilaporkan akan menuju ke Tabas di Iran Timur.

Kepala otoritas penerbangan sipil Iran Alireza Jahangirian mengatakan pesawat itu jatuh di pohon-pohon. “Tidak ada korban di darat,” kata dia.

Menurut saksi mata, pesawat itu tampaknya kehilangan kendali sebelum lepas landas dari landasan pacu, dan hanya berlangsung sekitar beberapa detik di udara sebelum terjun bebas ke dalam tanah.

Bandara Mahrabad terletak di pinggiran barat Teheran. Bandara ini digunakan untuk pesawat dengan tujuan domestik.

Insiden ini adalah yang terbaru dalam serangkaian bencana pesawat yang dialami oleh Iran – sebagian besar dari mereka menyalahkan pada peralatan usang dan pemeliharaan yang buruk.
BBC melaporkan, Iran telah mengalami serangkaian kecelakaan pesawat. Pada umumnya musibah itu disebabkan pesawat yang sudah tua dan pemeliharaan yang buruk.

Selain itu, banyak pesawat Iran dilengkapi dengan suku cadang tidak resmi. Ada lebih dari 200 kecelakaan yang melibatkan pesawat Iran dalam 25 tahun terakhir, yang menyebabkan lebih dari 2.000 kematian. (BBC, Straitstimes)

Loading...