Beranda News Internasional Pesawat Malaysia Airlines Dipastkan Jatuh di Samudera Hindia

Pesawat Malaysia Airlines Dipastkan Jatuh di Samudera Hindia

66
BERBAGI
PM Malaysia Najib Razak (dok reuters)

Kuala Lumpur,teraslampung.com–Perdana Menteri Malaysia Najib Razak memastikan pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 yang hilang dua pekan lalu jatuh di selatan Samudera Hindia.

Hasil analisis citra satelit dari Inggris menunjukkan bahwa pesawat Boeing 777-200ER yang membawa 239 orang itu terakhir terlihat di tengah-tengah Samudera Hindia, di sebelah barat Perth, Australia.

“Itu lokasi yang sangat terpencil, jauh dari tempat mana pun yang bisa didarati,” kata Najib Razak, Senin (24/3/2014).

Pengumuman Najib disampaikan ketika sebuah kapal perang Australia hampir menemukan objek yang diduga sebagai serpihan pesawat. Sebelumnya sejumlah citra satelit mengklaim menangkap gambar serpihan pesawat di sebelah selatan Samudera Hindia.

Najib mengatakan semua keluarga dari mereka yang berada di dalam pesawat nahas itu sudah diinformasikan tentang perkembangan terbaru itu.

Objek yang ditangkap satelit itu berwarna abu-abu atau hijau dan berbentuk bulat sementara satu objek lain disebut-sebut berwarna jingga. Kedunya dilihat oleh tim pencari Australia, demikian dikatakan Perdana Menteri Tonny Abbott.

Pada Senin pagi, kantor berita Xinhua melaporkan bahwa pesawat Ilyushin IL-76 Cina berhasil menemukan dua objek berukuran besar yang mengapung di Samudera Hindia. Selain kedua objek itu, beberapa objek berwarna putih juga ditemukan berserakan dalam radius beberapa kilometer.

MH370 hilang dari radar sipil hanya satu jam setelah tinggal landas dari Kuala Lumpur pada 8 Maret silam. Hendak terbang ke Beijing, Cina pesawat buatan Amerika Serikat itu hilang tak berbekas selama dua pekan dan memantik misi pencarian yang melibatkan puluhan negara di dunia. (Bambang Satriaji)

Sumber: reuters, straittimes.com