Beranda News Kesehatan Peserta BPJS Dapat Nikmati Layanan Kesehatan Selama Mudik Lebaran

Peserta BPJS Dapat Nikmati Layanan Kesehatan Selama Mudik Lebaran

308
BERBAGI
Konferensi pers BPJS cabang Kotabumi yang menjelaskan kemudahan prosedur pelayanan kesehatan bagi para pemudi, Kamis (15/6/2017).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Lampung Utara‎ memastikan para anggota layanan kesehatan BPJS dapat terus menikmati pelayanan kesehatan meski sedang melakukan mudik Lebaran. Kebijakan ini untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan para pengguna layanan kesehatan BPJS saat mudik.

“Jelang Idul Fitri 1438 H, para pemudik dapat menggunakan pelayanan kesehatan di manapun dia berada. Prosedurnya pun tak rumit alias sederhana,” kata Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan (MPKR) BPJS cabang Kotabumi, Bellza Rizki Ananta, Kamis (15/6/2017).

Prosedur sederhana itu, menurut Bellza, ialah hanya dengan menunjukan kartu jaminan kesehatan nasional seperti kartu Indonesia sehat, kartu Jakarta sehat, kartu asuransi kesehatan, dan kartu BPJS serta kartu jaminan kesehatan masyarakat, para pemiliknya dapat menikmati layanan kesehatan saat dibutuhkan.

“Meski di luar wilayah, para pemudik dapat berobat tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Mereka baik yang dalam kondisi darurat atau tidak dapat berobat di Rumah Sakit terdekat yang bekerja sama dengan BPJS,” paparnya.

Kebijakan yang akan berlaku sejak 19 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017 ini, imbuhnya, sesuai dengan prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan. Kendati demikian, kebijakan ini tak akan berlaku bagi para peserta yang kartunya dalam keadaan tidak aktif. Para pemilik kartu diimbau untuk tak telah membayar iuran agar dapat terus menggunakan layanan kesehatan yang dijamin oleh mereka.

“Tapi, kebijakan ini hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif,” kata dia.

Selain memanjakan anggotanya dengan kebijakan tersebut, Bellza juga menuturkan, pihak BPJS juga menyediakan aplikasi mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Dalam aplikasi itu, pihaknya menyediakan berbagai fasilitas seperti berbagai nomor telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi – lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

“Selama libur lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400. Dengan Call Center, masyarakat dapat tetap mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, dan memeriksa iuran BPJS,” urainya lagi.

Loading...