Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Petani Abung Timur Minta Pemkab Lampura Atasi Kelangkaan Pupuk

Petani Abung Timur Minta Pemkab Lampura Atasi Kelangkaan Pupuk

241
BERBAGI
Para petani singkong yang menuntut kenaikan harga singkong yang selama ini terjun bebas.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Sejumlah petani di Kecamatan Abung Timur dan Kecamatan Surakarta, Lampung Utara meminta Pemkab mengatasi persoalan kelangkaan pupuk bersubsidi yang terjadi di wilayah mereka.

Permintaan atau keluhan seputar kelangkaan pupuk ini mereka sampaikan dalam pertemuan dengan Pemkab dan DPRD Lampung Utara ‎tak lama setelah menggelar aksi unjuk rasa terkait turunnya harga singkong.

“Akhir – akhir ini, pupuk sangat langka di Kecamatan Abung Timur dan Surakarta. Mohon Pemkab memperhatikan persoalan ini,” pinta Kausar, salah seorang petani yang mengadu ke DPRD terkait anjloknya harga singkong, Senin (23/1/2017).

Kelangkaan pupuk ini, masih menurut Kausar, dimanfaatkan oleh oknum – oknum yang tak bertanggung jawab dengan mengedarkan pupuk palsu kepada para petani di wilayahnya. Temuan pupuk palsu itu s‎udah ditindaklanjuti oleh Polsek Abung Timur dengan menyita sekitar 6 ton pupuk palsu.

“Pupuk palsu beredar di daerah kami. Sudah ada 6 ton yang diamankan oleh Polsek,” papar dia.

Menyikapi permintaan warganya, Ketua DPRD, Rachmat Hartono mengatakan, akan meminta Komisi II DPRD menindaklanjuti persoalan kelangkaan pupuk tersebut. Namu, terkait persoalan pupuk palsu, pihaknya menyerahkan sepenuhnya persoalan ini kepada pihak kepolisian.

“Komisi II akan melakukan sidak terkait kelangkaan pupuk. Kalau memang langka, pupuk – pupuk itu ke mana hilangnya,” katanya.