Piala AFF 2014: Indonesia Dibantai Filipina 4-0

  • Bagikan
Para pemain Filipina merayakan kemenangan . (dok FFT)

HANOI, Teraslampung.com — Diprediksi menang dan banyak diunggulkan, Tim Nasional Indonesia justru dibantai 4-0 oleh Filipna Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa petang (25/11). Kekalahan telak itu benar-benar menenggelamkan wajah para anak asuh  Alfred Riedl karena sebelumnya digadang-gadang akan melumat tim Filipina dengan mudah.

Meski disebut-sebut kualitasnya masih di bawah tim Indonesia, tim Filipina ternyata bermain sangat bagus. Sejak awal pertandingan mereka terus menekan pertahanan Indonesia. Para pemain Filipinna yang dimotori Younghusband bermain   cepat dengan umpan umpan pendek yang merepotkan pertahanan Indonesia.

Gol pertama Filipina tercipta karena kesalahan Muhammad Roby memberikan bola kpada penjaga gawang Kurnia Mega. Bola lemah langsung diserobit pemain Filipina. Runyamnya,  Firman Utina mengganjalnya sehingga wasit memberikan hadial tendangan bebas dari kotak penalti. Phil Younghusband pun sukses mengeksekusi: 1-0.

Unggul 1-0, para pemain Filipina makin percaya diri. Mereka makin gencar melakukan serangan. Hingga babak pertama berakhir, kedudukan masih 1-0.

Memasuki awal babak kedua para pemain Indonesia mulai bangkit. Pelatih Riedl memasukkan Boaz Salossa  menggantikan M.Ridwan. Serangan pun mulai dibangun. Namun, di sisi lain, barisan pertahanan Indonesia tampak rapuh. Pemain Filipinam Azkals, pun kembali memaksa penjaga gawang Indonesia mengambil boladari dalam jaringnya.

Bombardir pasukan Filipan pun makin gencar. Indonesia makin kedodoran. Alhasil, dua gol tambahan diciptakan pemain Filipina melalui Martin Steuble yang memanfaatkan tendangan bebas tidak langsung didalam kotak penalti.  Satu gol lagi dibuat Rob Gier.

Kemenangan tersebut membuat Indonesia harus segera angkat koper dari Vietnam, sedangkan Filipina dan memastikan mereka lolos ke babak semifinal Piala AFF 2014.

Sebelumnya, di atas kertas Indonesia jauh lebih diunggulkan untuk masuk ke semifinal. Maklum, berdasarkan statistik  perjumpaan  timnas Indonesia dengan timnas Filipina, Indonesia memang lebih banyak memang.

Dari 21 kali pertemuan, 19 laga dimenangi Indonesia. Selebihnya berakhir dengan hasil imbang. Itu merupakan catatan pertemuan yang ditorehkan kedua kesebelasan yang telah bertemu sejak era 50-an. Artinya, Filipina belum sekalin menang lawan timnas Indonesia.

Dari jumlah gol, total Indonesia sudah mencetak 80 gol ke gawang Filipina dalam 17 laga atau rata-rata 4,70 gol per pertandingan. Bandingkan dengan Filipina yang hanya mampu membukukan delapan gol dalam kurun waktu setengah abad ini.

Bahkan, dalam setiap pertemuan di turnamen Piala AFF, pasukan The Azkals tak jarang memetik kekalahan dengan skor telak. Pada Piala AFF 2002 di Stadion Bung Karno, misalnya, tim  Indonesia yang diperkuat Bambang Pamungkas mencukur Filipina dengan skor 13-1.

Susunan Pemain
Indonesia: Kurnia, M. Roby, Jufriyanto, Zulkifli, Rizki, Maitimo, Firman, Ridwan (Boaz 46), Zulham (Gonzales 65), Samsul Arif, Van Dijk
cadangan : Made Wirawan, Victor Igbonefo, Ramdani Lestaluhu, Evan Dimas, Supardi, Hariono.

Filipina: Deyto, Aguinaldo, Guirado (Gier 15), Rota, Sato, Lucena, Ott, Steuble, Bahadoran, P. Younghusband, Reichelt

Cadangan : Tomas Trigo, James Younghusband, Chris Greatwich, Paul Mulders, Simon Greatwich, Mark Hartmann, Curt Dizon, Kenshiro Daniels.

  • Bagikan