Piala AFF 2016, Indonesia Kandaskan Vietnam 2-1

  • Bagikan
Pemain Indonesia Hansamu Yama usai mencetak gol bagi Timnas Indonesia.

TERASLAMPUNG.COM — Timnas Indonesia mengalahkan tim Vietnam dalam pertandingan putaran pertama babak seminifal  Piala AFF 2016, di  Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12/2016) pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2016. Dalam pertandingan yang juga ditonton Presiden Joko Widodo itu, Skuat Garuda  menang 2-1.

Timnas Indonesia unggul lebih dulu lewat sundulan Hansamu Yama yang memanfaatkan umpan lambung dari pojok lapangan Rizky Pora di menit ketujuh. Sundulan Hansamu Yama gagal dibendung Tran Nguyen Manh.

Vietnam menyamakan kedudukan pada menit ke-15 lewat kotak penalti setelah Benny Wahyudi terkena hukuman karena menjatuhkan pemain Vietnam. Tendangan Nguyen Van Quyet yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang berhasil mengecoh penjaga gawang Kurnia Meiga.

Delapan menit kemudian, Skuat Garuda punya peluang emas mencetak gol. Rizky Pora melepaskan umpan tarik, Andik Vermansyah yang tidak terkawal langsung menyepak bola dari depan kotak penalti. Namun, akurasi tendangannya tidak tepat sasaran.

Memasuki menit kelima babak kedua, Boaz Solossa berhasil mencetak gol dari kotak penaltii. Hadiah tendangan penalti diberikan wasit karena Stefano Lilipaly melanggar pemain Vietnam, Que Ngoc Hai, di dalam kotak terlarang.

Menit-menit akhir begitu menegangkan bagi seisi Stadion Pakansari, Vietnam terus berusaha menekan timnas Indonesia dan pada menit 87′ Dinh Thanh Truong menanduk bola dengan keras ke arah gawang, untung saja Kurnia Meiga mampu melakukan penyelamatan berkelas!

Empat menit waktu tambahan akhirnya tak dapat dimanfaatkan Vietnam untuk menyamakan kedudukan. Timnas Indonesia merampungkan leg pertama semi-final AFF Suzuki Cup 2016 dengan kemenangan 2-1.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia hanya perlu bermain seri untuk bisa lolos ke babak final Piala AFF 2016. Namun, upaya untuk meraih hasil seri atau bahkan menang melawan timnas Vietnam di kandang mereka bukan hal mudah. Hal ini mengingat timnas Vietnam kualitas pemainnya tidak kalah dengan kualitas pemain Indonesia. Para pemain Vietnam terkenal sebagai pemain yang tangguh dan bermain ngotot. Apalagi tampil di depan publik sendiri.

Susunan Pemain: 

Indonesia: Kurnia Meiga; Benny Wahyudi, Manahati Lestusen, Hansamu Yama, Abduh Lestaluhu; Andik Vermansah (90′ Zulham Zamrun), Stefano Lilipaly, Bayu Pradana, Rizky Pora; Ferdinand Sinaga (63′ Lerby Eliandry), Boaz Solossa (81′ Evan Dimas).

Vietnam: Tran Nguyen Manh; Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Vu Vanh Thanh, Bui Tien Dung; Nguyen Trong Hoang (75′ Nguyen Van Toan), Phamh Thanh Luong (83′ Dinh Thanh Truong), Luong Xuan Truong; Le Van Thang, Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet (89′ Nguyen Chong Puong).

  • Bagikan