Beranda BOLA Piala Dunia 2018 Piala Dunia 2018: Bekuk Swedia 2-0, Inggris Melaju ke Semifinal

Piala Dunia 2018: Bekuk Swedia 2-0, Inggris Melaju ke Semifinal

171
BERBAGI
Harry Maguire dkk melakukan selebrasii setelah membobol gawang Swedia (Foto: Shutterstock via The Guardian)
Harry Maguire dkk melakukan selebrasii setelah membobol gawang Swedia (Foto: Shutterstock via The Guardian)

Rama Pandu SM

TERASLAMPUNG.COM — Tim Inggris melaku ke babak semifinal Piala Dunia 2018 setelah membekuk Swedia 2-0 di Samara Arena, Sabtu malan WIB (7/7/2018).

The Three Lions tidak mudah untuik menaklukkan tim Swedia. Kedua tim baku serang hingga sepertiga awal babak pertama. Peluang menciptakan gol bagi Swedia terjadi pada menit ketig ketiga  umpan terobosan yang dilepaskan Sebastian Larsson.Sayangnya,  Viktor Claesson gagal menangkap peluang tersebut untuk menghasilkan gol.

Peluang bagi Inggris muncul pada menit ketujuh, saat Dele Alli memberikan umpan terobosan ke arah kotak penalti Swedia. Umpan itu juga gagal dimanfaatkan Harry Kane.

Pada menit ke-23, gawang Swedia hampir saja  kebobolan saat bola keras tendangan Kieran Trippier mengarah ke mulut gawang Swedia.Untungnya, penjaga gawang Robin Olsen masih bisa menyelamatkan gawangnya karena tendangan Olsen bisa “dbaca”.

Inggris membuat stadion bergemuruh oleh teriakan penonton setelah gawang Swedia kebobolan pada menit ke-30. Gol bermula dari sepak pojok Ashley Young yang disambut dengan tandukan keras  Harry Maguiere. Bola yang mengarah ke kanan-dalam gawang Swedia pun tak mampu ditangkap penjaga gawang Robin Olsen.

Inggris nyaris menambah gol pada menit ke-45 saat Sterling bisa lolos jebakan offside.Namun, upaya Sterling gagal. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, The Three Lions makin mengintensifkan serangan. Hasilnya: pada menit  ke-58 Dele Alli berhasil menciptakan gol dengan sundulan kepala setelah mendapatkan umpan Jesse Lingard.

Swedia sebenarnya berpeluang memperkecil ketertinggalan pada menit ke-72 lewat serangan balik. Marcus Berg menerima umpan silang dari John Guidetti. Meski bisa mengontrol bola, namun tendangan Marcus yang dilakukan dalam jarak dekat sukses ditepis penjaga gawang Pickford.

Sepuluh menit terakhir, Inggris lebih banyak melakukan pengamanan dengan memperkuat lini tengah dan belakang. Sementara Swedia berupaya keras membangun serangan untuk menyamakan kedudukan.

Hingga pertandingan usai, Swedia tetap tak mampu menciptakan gol dan harus mengubur mimpi lolos ke semifinal.

Susunan Pemain

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Granqvist, Lindelof, Augustinsson, Krafth (Jansson 85), Larsson, Ekdal, Forsberg (Olsson 65), Claesson, Berg, Toivonen (Guidetti 65)

Pelatih: Janne Andersson

Inggris: Pickford; Young, Walker, Trippier, Maguire, Stones, Henderson (Dier 85), Alli (Fabian Delph 77), Lingard, Kane, Sterling (Rashford 90+1)

Pelatih: Gary Southgate