Beranda BOLA Piala Dunia 2018 Piala Dunia 2018: Inggris Menangis, Kroasia Tantang Prancis di Final

Piala Dunia 2018: Inggris Menangis, Kroasia Tantang Prancis di Final

179
BERBAGI
Mario Mandzukic menciptakan gol pada menit ke-109. Foto: FIFA

Rama Pandu SM

TERASLAMPUNG.COM — Timnas Kroasia benr-benar membuat Inggris menangis karena mimpinya untuk melaju ke final World Cup 2018 dan menjadi juara terkubur. Unggul berkat gol cepat yang diciptakan Kieran Trippier pada menit ke-5, pada laga semifinal di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018) WIB, Inggris harus mengakui keunggulan tim negara pecahan Yugoslavia itu 1-2.

Pertarungan seru disajikan kedua tim. Inggris dan Kroasia saling menyerang sejak awal pertandingan. Setelah unggul 1-0 berkat gol pada awal pertandingan, para pungga Inggris terlihat kebih banyak bertahan. Sementara ketinggalan satu gol membuat para pemain Kroasia makin intensif melakukan serangan.

Memasuki babak kedua, Inggris makin sulit untuk menembus benteng pertahanan Kroasia. Sebaliknya, sejumlah serangan Kroasia nyaris membuahkan gol. Kroasia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-68 lewat Ivan Perisic.

Gol itu membuat para pemain Kroasia yang usianya rata-rata lebih tua dibanding para pemain Inggris makin memperketat demarkasi. Marking yang ketat terhadap sejumlah pemain berbahaya Inggris, membuat The Three Lions makin tumpul. Alhasil, hingga babak kedua berakhir skor tetap 1-1 sehingga permainan harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Pada babak pertama perpanjangan waktu, kedua tim melakukan sejumlah pergantian. Inggris memasukkan Danny Rose dan Eric Dier untuk memperkuat barisan tengah. Di pihak Kroasia, Josip Pivaric masuk menggantikan Ivan Strinic yang cedera. Sedangkan Andrej Kramaric pun bermain menggantikan  Ante Rebic.

Sepeti pada babak kedua waktu normal, pada babak pertama perpanjangan waktu pun para pemain Kroasia lebih banyak menguasai bola. Sejumlah serangan berbahaya mengancam gawang Inggris.

Pada menit ke-109, stadion riuh sorak sorai pendukung Kroasia ketika gawang Pickford dibobol Mario Mandzukic dengan sepakan kaki kirinya,setelah mendapatkan umpan matang dari Perisic. Bola yang meluncur ke arah kiri dalam gawang Inggris gagal dikendalikan kiper Pickford.

Meskipun sudah unggul 2-1, para pemain Kroasia tetap rajin membangun seranga, Sementara para Inggris pun juga berupaya keras menyamakan kedudukan dengan target pemainan disudahi dengan adu penalti.Dalam hal serangan, para pemain Kroasia lebih banyak mengancam gawang Inggris. Namun, hingga peluit tanda pertandingan berakhir ditiup wasit kedua tim tidak menambah gol. Skor tetap 2-1 untuk kemenangan Kroasia dan mengantarkan Kroasia untuk menantang Prancis pada final.

Sejumlah Peluang:

  • Menit ke-15 Trippier mengirimkan umpan lambung ke dalam kotak penalti, Maguire melompat untuk melepaskan sundulan. Bola tidak tepat sasaran.
  • Menit ke-19  Perisic  menerobos masuk dari sayap kanan, mengarah ke gawang Inggris dan melepaskan tembakan. Bola sempat membentur Walker,tetapi tidak masuk ke gawang Inggris.
  • Menit ke-23 Perisic membangun serangan melalui tengah lapangan, masuk kotak penalti, dan melepaskan tendangan keras. Namun,bola melebar dari gawang Jordan Pickford.
  • Menit ke-29 Harry Kane nyaris mencipkan gol saat ia melepaskan tembakan dari sudut yang sulit. Namun, kiper Subasic bisa menepis bola.
  • Menit ke-30 Rebic memberikan umpan bola ke dalam kotak penalti dan disambut sapuan Stones. Bola yang kembali ke Rebic kemudian ditendang ke arah gawang Inggris.Namun, kiper Pickford berhasil menyelamatkan gawangnya.
  • Menit 35 pemain Inggris membangun serangan. Kane mengumpankan bola kepada Alli di sayap kiri, bola diteruskan ke Lingard dan langsung diekskusi. Namun, bola tidak mengarah ke gawang.
  • Menit ke-56, Harry Kane mengirimkan bola kepada Sterling, dan oleh Lingard diteruskan dengantendangan keras. Vida berhasil membelokkan bola melintas atas gawang Kroasia.
  • Menit ke-64 Luka Modric melakukan umpan silang ke dalam kotak penalti. Bola disapu namun jatuh ke kaki Perisic di tepi kotak penalti. Tendangan keras dilepaskan, tetapi Walker berhasil memblok.
  • Menit ke-68, Ivan Persic berhasil menciptakan gol. Skor menjadi 1-1. Perisic mengalahkan Walker saat hendak menyambut crossing kiriman Vrsaljko, Walker hendak menyundul bola namun Perisic mendahuluinya dengan sontekan, kaki Perisic nyaris mengenai kepala Walker, bola menjebol gawang Pickford.
  • Menit ke-70 Perisic hampir saja kembali membuat gol. Sayangnya, bola masih membentur tiang gawang.
  • Menit ke-79 Marcus Rashford melakukan serangan balik dari sayap kiri. Ia berhasil lolos dari marking beberapa pemain Kroasia dan bola ia kirimkan ke Kane lalu diteruskan ke Henderson. Bola kemudian diumpankan ke  Lingard, tetapi kembali ke Henderson. Tendangan voli Henderson  melambung tipis di atas mistar gawang Kroasia.
  • Menit 90+2, Trippier mengirimkan bola ke dalam kotak penalti Inggris melalui  tendangan bebas. Kapten Kane menyambutnya dengan sundulan, tetapi bola melambung di atas gawang Kroasia.
  • Menit ke-99 Stones melompat tinggi saat menyambut umpan silang Trippier di dalam kotak penalti.Sundulan keras pun dilepaskannya ke gawang Kroasia. Namun, bola itu sukses dihalau Vrsaljko.
  • Menit 105+2 Jordan Pickford melakukan penyelamatan spektakuler saat Perisic mengirimkan pass ke mulut gawang Inggris. Sayangnya Mandzukic masih belum mampu memanfaatkannya menjadi gol.
  • Menit 109 Mario Mandzukic menciptakan gol. Gol bermula saat bola hasil umpang silang yang melambung dihalau pemain Inggris. Bola kemudian disundul  Perisic ke arah kotak penalti. Mandzukik yang dikawal ketat dua pemain Inggris sukses melepaskan tendangan keras menjebol gawang Pickford.

Susunan Pemain:

Kroasia (4-1-4-1): Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Marcelo Brozovic; Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic; Mario Mandzukic. Cadangan: Dominik Livakovic, Vedran Corluka, Mateo Kovacic, Andrej Kramaric, Lovre Kalinic, Tin Jedvaj, Filip Bradaric, Duje Caleta-Car, Milan Badelj, Marko Pjaca, Josip Pivaric.

Inggris (3-4-1-2): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Jordan Henderson; Kieran Trippier, Jesse Lingard, Dele Alli, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane. Cadangan: Danny Rose, Eric Dier, Jamie Vardy, Jack Butland, Danny Welbeck, Gary Cahill, Phil Jones, Fabian Delph, Marcus Rashford, Ruben Loftus-Cheek, Trent Alexander-Arnold, Nick Pope.