Beranda BOLA Piala Dunia 2018 Piala Dunia 2018: Kandaskan Belgia 1-0, Prancis Melaju ke Final

Piala Dunia 2018: Kandaskan Belgia 1-0, Prancis Melaju ke Final

173
BERBAGI
Bola sundulan Umtiti tidak mampu ditangkap penjaga gawang Belgia. Skor 1-0 mengantatkan Prancis ke final Piala Dunia 2018. Foto: AP via theguardian.com

TERASLAMPUNG.COM – Tim Prancis melaju ke final Piala Dunia 2018 setelah mengandaskan perlawanan Belgia  1-0 atas Belgia di Arena St Petersburg,Rabu (11/7/2018) dini hari WIB. Gol tunggal Les Bleus dicetak Samuel Umtiti lewat sundulan kepala setelah Prancis mendapat hadiah sepak pojok.

Tampil sangat impresif, sejatinya tim Belgia lebih banyak menguasai permainan. Namun, agresivitas para pemain Belgia gagal membuahkan gol. Sebaliknya, serangan balik Prancis kerap merepotkan barisan belakang dan kiper Belgia.

Belgia misalnya berpeluang unggul lebih dulu pada menit ke-15 saat Eden Hazard melepaskan tendangan keras arah gawang Prancis yang dijaga Hugo Lloris. Namun, tendangan keras itu gagal membuahkan gol.

Tiga menit kemudin Prancis gantian mengancam gawang Belgia melalui tendangan  keras Blaise Matuidi dari luar kotak penalti.

Hal itu kemudian dibalas Belgia beberapa kemudian lewat mengarah ke gawang Belgia. Namun, bola masih bisa diredam Thibaut Courtois karena datang tepat ke arahnya.

Ketangguhan Hugo Lloris terlihat pada menit le-21 saat Toby Alderweireld menendang dari dalam kotak penalti ke arah sisi kanan dalam gawang Prancis.Kiper Tottenham Hotspur itu dengan sigap “terbang” untuk menyelamatkan gawangnya dengan mngemblok bola.

Hingga babak pertama berakhir, kedua tim tidak mampu menciptakan gol.

Kylian Mbappe sering merepotkan para pemain Belgia.

Mengawali babak kedua, Prancis melakukan gebrakan dengan permainan menekan. Namun, Belgia yang lebih dulu ofensif sejak babak pertama, membuat serangan Prancis mentok. Prancis berhasil membukukan gol pada menit ke-51.

Gol bermula dari umpan bola terukur hasil sepak pojok Griezmann yang kemudian disambut sunduln kepala Samuel Umtiti. Loncatan Umtiti yang lebih tinggi dan presisi dibanding pemain belakang Belgia membuat bola meluncur mulus ke dalam gawang Belgia.

Anak asuh Didier Deschamps pun makin percaya diri. Beberapa kali peluang menambah gol didapatkan Prancis. Namun, peluang-peluang itu tidak membuahkan hasil. Di sisi lain, para pemain Belgia tidak kalah garang. Mereka lebih banyak melakukan serangan,  meskipun kerap kedodoran saat mendapatkan serangan balik.

Di menit 81, Alex Witsel hampir saja menciptakan gol untuk Belgia saat melakukan tendangan keras dari dalam kotak penalti dan mengarah ke gawang Prancis. Namun kesigapan kiper Hugo Lloris membuat Belgia gagal menyamakan kedudukan.

Paro akhir babak kedua, Prancis nyaris selalu dikepung Belgia. Bola-bola banyak dikuasai para pemain Belgia. Sejumlah kesempatan untuk menambah keunggulan tercipta. Namun, hingga akhir babak kedua upaya itu mentok.

Begitu juga Belgia, nyaris kembali bisa menyamakan kedudukan saat Rumelu Lukaku mendapatkan umpan matang. Sayangnya luncuran bola gagal diantisipasi Lukaku. Hngga pertandingan berakhir, para pemain Belgia tidak mampu menciptakan gol.

Hasil 1-0 ini mengantarkan Prancis melaju ke final dan akan menantang pemenang pertandingan Inggris vs Kroasia.

(Rama Pandu SM)

Susunan Pemain

Prancis (4-2-3-1): 1-Hugo Lloris, 2-Benjamin Pavard, 4- Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 21-Lucas Hernandez; 6-Paul Pogba, 13-N’Golo Kante, 10-Kylian Mbappe, 7-Antoine Griezmann, 14-Blaise Matuidi (12 Corentin Tolisso 88); 9-Olivier Giroud (15-Steven N’Zonzi 85)

Pelatih: Didier Deschamps

Belgia (3-4-2-1): 1-Thibaut Courtois; 5-Jan Vertonghen, 4-Vincent Kompany, 2-Toby Alderweireld; 19-Moussa Dembele (14-Dries Mertens 60), 22-Nacer Chadli (21-Michy Batshuayi 91), 6-Axel Witsel, 8-Marouane Fellaini (11-Yannick Carrasco 80); 7-Kevin De Bruyne, 10-Eden Hazard; 9-Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Martinez (Spanyol)