Piala Dunia: Akhirnya, AS pun Takluk

  • Bagikan

S

Pelatih dan pemain Belgia merayakan kemenangan. (Fifa)

SALVADOR, Teraslampung.com – Belgia  akhirnya mampu mengandaskan perlawanan keras Amerika Serikat dengan skor 2-1 melalui perpanjangan waktu, di  Stadion Salvador, Rabu dini hari WIB (2/7). Tim  Marc Wilmots itu pun melaju ke babak perempat-final untuk bertemu dengan Argentina.

Dua gol Belgia diciptakan Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, sedangkan gol AS dicetak Julian Green mencetak gol semata wayang AS. Ketiga gol dicetak di babak tambahan dan lampu sorot tentunya mengarah pada Tim Howard yang melakukan 16 penyelamatan.

Seperti sudah diprediksi banyak pengamat, laga Belgia berlangsung sangat seru. Mesi mendominasi permainan, serangan-serangan Belgia selaku bisa dipatahkan barisan pertawanan AS. Bahkan, para pemain  AS kerap melakukan serangan balik yang mambahayakan gawang Belgia.

Pada menit ke-21  sebenarnya Clint Dempsey punya peluang emas untuk mencetak gol. Namun, tendangannya masih bisa ditahan penjaga gawang Belgia, Thibaut Courtois. Menit ke-23, giliran gawang AS yang terancam serangan de Bruyne. Sayangnya, tendangan de Bruyne masih melebar.

Belgia terus menguasai permainan hingga memasuki babak kedua. Namun, bombardir yang dilakukan para punggawa Belgia tidak menghasilkan gol. Pada menit ke-57 sundulan Origi menerpa mistar gawang. Hal serupa terjadi pada menit ke 60. Hingga babak kedua usai, kedudukan tetap 0-0.

Pada babak perpangan waktum  Wilmots memasukkan Lukaku dan menarik keluar Origi. Masuknya Lukaku benar-benar menjadi energi baru. Pada menit 93, Lukaku memberikan umpan tarik, yang kemudian ‘diselesaikan’ de Bruyne dengan apik sehingga menciptakan sebuah gol.

Pada menit ke 105, Belgia menambah gol setelah Lukaku mendapatkan umpan matang dari de Bruyne.Para pemain AS tetap bermain ngotot meskipun sudah tertinggal dua gol. Hasilnya, pada menit 107. Julian Green berhasil menyarangkan bola setelah  melakukan tendangan sedikit melambung yang tidak bisa ditepis penjaga gawang Belgia.

Menjelang menit-menit akhir, AS terus berusaha menyerang. Pertahanan Belgia pun sempat kocar-kacir. Namun, hingga perpanjangan waktu habis, kedudukan tidak berubah 2-1 untuk Belgia. (M. Bagas P/fifa.com/fft)

Susunan Pemain

Belgia: Courtois, Alderweireld, Kompany, Van Buyten, Vertonghen; Fellaini, Witsel, De Bruyne; Mertens, Origi, Hazard, Lukaku (pengganti)

AS: Howard; Johnson, Gonzalez, Besler, Cameron; Jones, Bradley, Bedoya, Zusi, Beasley; Dempsey

  • Bagikan