Beranda BOLA Piala Dunia: AS Menang atas Ghana dalam Laga Dramatis

Piala Dunia: AS Menang atas Ghana dalam Laga Dramatis

173
BERBAGI
Tandukan John Brooks pada menit ke-86 membuat AS unggul atas Ghana.

NATAL, Teraslampung.com – Gol cepat Clint Dempsey pada detik ke-32 langsung membuka keunggulan Amerika Serikat atas Ghana dalam laga di Arena das Dunas, Natal, Selasa (17/6/2014) dini hari WIB. Permainan cepat dan agresif Ghana tertahan oleh benteng pertahanan Amerika Serikat (AS) yang diasiteki Juergen KlinsmannTim Negeri Paman Sam mampu mengalahkan Ghana 2-1 dalam laga yang cukup dramatis.

AS tampil agresif sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan.Pada menit ke-32 langsung tercipta sebuah gol untuk AS dari kaki kapten Clint Dempsey. Gol tersebut tercipta berkat umpan  bola dari Jermain Jonas ke Clint Dempsey. Dempsey langsung menggiringnya ke dalam kotak penalti dengan melewati beberapa pemain Ghana dan melepaskan tembakan dengan kaki kirinya. Bola membentur tiang dan bergulir ke dalam gawang.

Gol Dempsey menjadi yang tercepat, sejauh ini, dalam pergelaran Samba 2014. Namun, gol tersebut belum menjadi yang tercepat dalam sejarah pesta sepak bola sejagad. Dempsey, saat ini, masih bertengger di posisi kelima sebagai pemain yang mampu menorehkan gol tercepat sepanjang sejarah pesta sepak bola dunia. Adapun rekor gol tercepat masih dipegang pemain Turki, Hakan Sukur, ketika membobol gawang Korea Selatan (Korsel) pada detik 11, dalam perebutan tempat ketiga 2002 silam.

Dalam keseluruhan laga AS sejatinya lebih banyak bertahan. Sebaliknya, gelombang serangan lebih banuak dilakukan skuad Ghana. Ditariknya  striker andalan AS, Jozy Altidore, membuat lini depan AS makin tumpul.

SementaraGhana bermain dengan tempo tinggi. Serangan terus dilancarkan punggawa Ghana secara bergelombang. Namun serangan-serangan mereka selalu dapat dimentahkan oleh kiper AS, Tim Howard, yang bermain cemerlang.

Memasuki babak kedua, para pemain Amerika memberi ruang luas bagi Ghana untuk melakukan tekanan. Pertandingan menjadi dramatis 10 menit terakhir. Padamenit ke-82  Ghana sukses menyamakan kedudukan lewat Andre Ayew dengan tendangan keras ke tiang dekat kanan gawang Amerika menggunakan sisi luar kaki kiri, setelah menerima sodoran pendek dari Asamoah Gyan di dalam kotak penalti.

Namun, hanya berselang empat menit tim Jurgen Klinsmann kembali membuat kejutan. Tandukan pemain pengganti, John Brooks, yang memanfaatkan umpan dari sepak pojok pemain pengganti lainnya Graham Zusi mengubah skor mejadi 2-1. Skor tersebut bertahan  hingga pertandingan berakhir.

Kemenangan  ini  membuat Amerika bersama Jerman menuai angka 3, tetapi Amerika kalah selisih gol, karena Jerman sebelumnya menang telaj 4-0 atas Portugal. Kini AS berada di posisi kedua Grup G. (Aan Frimadona Rosa)

Susunan Pemain

Ghana: Kwarasey, Opare, Atsu, A. Ayew, Muntari, J. Ayew, Rabiu, Mensah, Asamoah, Boye, Gyan

Amerika Serikat: Howard, Besler, Bedoya, Jones, Beckerman, Cameron, Beasley, Bradley, Johnson, Dempsey, Altidore