Piala Dunia: Imbang 2-2 Lawan AS, Portugal Punya Harapan ke 16 Besar

  • Bagikan

Bagas M. Prasetyo/Teraslampung.com

Nani

Portugal harus puas dengan hasil imbang 2-2 saat menghadapi Amerika di pertandingan kedua Grup G, yang berlangsung Senin (23/6), pukul 05.00 WIB. Hasil imbang ini menampik pasar taruhan yang menjagokan tim nasional Portugal.

Diawal babak pertama, Portugal langsung mengambil inisiatif menekan pertahanan AS. Usaha Portugal langsung membuahkan hasil di menit ke-5. Geoff Cameron membuat kesalahan fatal saat membuang bola di dalam area kotak penalti.

Kesalahan itu pun langsung dihukum oleh Nani yang tinggal berhadap-hadapan dengan Tim Howard. Gol, 1-0 Portugal memimpin hingga babak pertama usai.

Gol-gol dari skuat Amerika diciptakan oleh Jermaine Jones dan Clint Dempsey. Sementara itu gol-gol Portugal dicetak oleh Nani dan Silvestre Varela.

Pasukan Amerika langsung berusaha menggedor pertahanan Portugal setelah terjadinya gol Nani tersebut. Di menit ke-17, mereka bisa mengancam gawang Beto melalui Dempsey yang berhasil masuk ke kotak penalti berkat umpan terobosan dari Bradley. Namun, sepakan kerasnya dari sudut sempit masih bisa dihalau sang kiper.

Tekanan Amerika berlanjut. Giliran Bradley yang mencoba membobol gawang Beto. Mendapat ruang kosong, gelandang plontos ini melepas sepakan keras dari jarak sekitar 23 meter. Namun si kulit bundar hanya melayang tipis di atas mistar gawang Portugal.

Di babak kedua, kedua tim bergantian saling menyerang di delapan menit pertama. Namun, peluang emas berhasil didapat lebih dulu oleh Dempsey dan kawan-kawan.

Johnson sukses menggiring bola ke kotak penalti Portugal dari sisi kanan di menit ke-54. Ia lantas melepas umpan tarik pada Bradley yang berdiri bebas di tengah kotak penalti. Sayangnya, bola hasil sepakan eks gelandang AS Roma itu masih bisa diblok oleh Ricardo Costa.

Sepuluh menit berselang, pendukung Paman Sam bersorak kegirangan. Serangan skuat asuhan Jurgen Klinssman tersebut membuahkan hasil. Sepakan melengkung Jermaine Jones dari jarak sekitar 25 meter mengarah ke pojok kiri gawang Beto dengan mulus. Berubahlahlah menjadi 1-1.

Setelah itu, AS justru kian menggebu dalam menyerang Portugal. Sebaliknya, Ronaldo cs justru kesulitan menembus pertahanan sang lawan.

Pasukan Paman Sam akhirnya bisa membalikkan skor pada menit ke-81. Berawal dari tusukan Yedlin di sisi kiri pertahanan Portugal, bola ditarik ke arah Bradley. Bola hasil tendangannya diblok dan mengarah ke Zusi. Gelandang 27 tahun itu langsung memberikan umpan crossing pada Dempsey yang berdiri bebas di tengah gawang. Portugal pun tertinggal 1-2.

Portugal langsung berupaya membalas gol tersebut. Mereka terus berupaya menekan AS dengan dipimpin duo Ronaldo dan Nani. Namun usaha mereka terus mengalami kegagalan.

Meski begitu, Ronaldo dan kawan-kawan tak berputus asa. Saat laga memasuki waktu tambahan, di menit ke-49, mereka akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Varela sukses membobol gawang Howard dengan tandukannya berkat umpan crossing sempurna dari Ronaldo.

Skor akhir imbang 2-2, membuat AS menempati peringkat dua klasemen grup G dengan poin empat. Sementara Portugal tetap berada di dasar klasemen dengan poin satu.

Dengan hasil tersebut, Portugal membuka harapan untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Kepastian mereka lolos ke babak knockout bergantung pada hasil laga AS dan Jerman. Sebaliknya, Amerika hanya cukup bermain imbang dengan Die Panser di laga berikutnya untuk bisa melenggang ke babak 16 besar.

  • Bagikan