Piala Dunia: Jerman Mampu Kalahkan Ghana

  • Bagikan

Ari Pahala Hutabarat

Jerman akan mampu mengalah Ghana pada pertandingan kedua masing-masing tim ini di Grup G Piala Dunia, di VenueEstadio Governador Placido Aderaldo Castelo, Brasil, Minggu (22/6), pukul 02.00 WIB.

Sejauh ini, menurut saya, Jerman adalah kandidat terkuat dari ranah Eropa yang akan mampu menjuarai Piala Dunia ini. Hal ini telah mereka tunjukkan saat membantai Portugal dengan skor telak yang tak mungkin pernah dibayangkan analis sepakbola manapun– 4-0.

Disiplin dan kerapihan koordinasi khas bangsa Jerman yang kukuh dan sistematik, plot serangan yang terancang apik dan bukan buah dari kebetulan-kebetulan skill pemain bintang, lalu eksekusi yang anggun dari para gelandang atau penyerang terbukti mampu melumatkan Portugal, yang meski juga banyak diisi pemain hebat, terutama Cristiano Ronaldo, tanpa ampun.

Hal-hal tersebut di atas kemungkinan besar akan kembali diperlihatkan Jerman saat ia bertemu Ghana dini hari nanti. Meskipun pertemuan itu akan berjalan ketat dan alot, karena bagi Ghana pertandingan ini merupakan final–penentuan apakah mereka akan terus berlangsung kehidupannya di Piala Dunia 2014 atau angkat koper dan harga diri.

Pada pertemuan Ghana sebelumnya dengan AS terbukti bahwa kebintangan dan keterampilan individu, namun tak didukung kekompakan antarlini dan distribusi bola yang kerap noise karena tak didukung skenario serangan yang baik mampu dikalahkan dengan AS yang ‘hanya’ bermodalkan kekompakan tim plus nafsu balas dendam yang tanpa ampun.

Gaya Jerman merayakan gol

Karena memang, pada dua kali pertemuan sebelumnya, kedua-duanya di ajang piala dunia, AS tak pernah mampu mengalahkan Ghana. Ghana, dengan sekian pemain kelas satunya seperti Suley Muntari, Kevin Prince Boateng, Asamoah Gyan, dan lain-lain seakan tak berarti apa-apa ketika berhadapan dgn AS yang diisi oleh tanpa satupun pemain bintang! Nah, jika pola dan kelakuan yang sama tak mereka ubah saat mereka berhadapan dgn Jerman, maka bisa dibayangkan akibatnya.

Di luar sekian banyak alasan teknis yang telah menjadi pengetahuan umum terhdap timnas Jerman, ada beberap faktor lagi yang membuat Jerman lebih diunggulkan pada pertemuan ini: pertama, tentulah euforia kemenangan besar sebelumnya terhadap Portugal. Kepercayaan diri Jerman pasti sedang berada di puncak kulminasinya, dan ini tentu saja sulit dibendung.

Kedua, obesesi Thomas Muller untuk menambah pundi-pundi golnya, sehingga kalau bisa seperti piala dunia di Afrika Selatan, ia kembali menjadi top skor dan meraih sepatu emas. Ketiga, obesesi Miroslav Klose, kalau ia dimainkan, untuk menjadi pencetak gol terbanyak di ajang Piala Dunia mengalahkan Ronaldo da Silva. Ke empat, mitos bahwa Jerman adalah tim spesialis festival–yang saat ia berada di panggung ajang-ajang besar dunia–Jerman seakan menemukan keberuntungan sekaligus keasyikannya bak ikan gabus ketemu empang.

Ke lima, pelatih Loew, yang sudah lumayan lama menangani Jerman, tentu juga punya obsesi untuk menjadikan Jerman sebagai tim Eropa pertama yang mampu menjadi juara. di ranah Amerika.

Lalu, hal menarik lain dari pertandingan ini, adalah pertemuan dua bersaudara yang memilih negara berbeda untuk dibelanya; Kevin Prince Boateng yg membela Ghana dan Jeremy Boateng yg membela Jerman.

Jadi, sekali lagi, Jerman akan mampu mengalahkan Ghana pada pertemuan ini. 2 – 0 untuk Jerman!

Prediksi Susunan Pemain
Jerman : Neuer, Boateng, Mertesacker, Mustafi, Howedes, Lahm, Khedira, Kroos, Ozil, Muller, Gotze.
Ghana : Kwarasey, Opare, Mensah, Boye, Asamoah, Atsu, Rabiu, Ayew A, Muntari, Ayew J, Gyan.

  • Bagikan