Piala Dunia: Kolombia akan Ungguli Uruguay

  • Bagikan

Isbedy Stiawan ZS/Teraslampung.com

 

BANDARLAMPUNG—Kolombia harus bertemu dengan Uruguay — juara dunia dua kali (1930 dan 1950) – mengawali babak 16 besar Piala Dunia 2014 di Rio de Jeneiro, di Brasil, Minggu (29/6) pukul 03.00 waktu Indonesia.

Pertemuan ini merupakan pertemuan ke-41 bagi kedua tim nasional ini. Dari 40 pertemuan sebelumnya, Uruguay meraih 19 kemenangan, Kolombia 13 kemenangan dan sisanya berakhir imbang.

Sukses Kolombia ke putaran kedua (babak 16 besar) tidak terlepas berkat sukses menggulung Yunani dengan telak 3-0 di partai pembuka Grup C.  Setelah menekuk Pantai Gading 2-1, Kolombia menuntaskan pertarungan di grup dengan melumat Jepang 4-1.

Pertemuan dini hari nanti dipastrikan tanpa Luis Suarez yang diusir FIFA karena menggigit bek Italia Chiellini. Uruguay kalah telak 1-3 dari Kosta Rika di partai pembuka. Lalu menang dari Inggris 2-1 dan dari Italia 1-0.

Menurut Zul “Boyke” Irianto, dengan tidak merumputnya Suarez, Uruguay bakal kehilangan inspirator tim. Pasalnya, dia menuturkan, striker klub Liverpool ini sebenarnya yang mampu membangkitkan Uruguay dari keterpurukan setelah dihajar Kosta Rika dengan telak 1-3 dan lalu menang 2-1 dari Inggris melalui kedua gol Suarez.

Uruguay juga tidak akan takut menghadapi Kolombia, tim yang bermain sempurna selama babak grup dengan mengumpulkan sembilan poin alias selalu menang. Tanpa Suarez, maish kata pengamat bola Lampung ini, praktis Kolombia akan kembali memainkan Diego Forlan untuk bersanding dengan Edinson Cavani di depan.

“Untuk para pemain lainnya, tidak ada masalah bagi pelatih Oscar Tabarez. Prediksi saya pertandingan ini akan berakhir 1-0 untuk Kolombia. Atau paling besar 2-0,” ujar Zul pendek.

Mengenai permainan, Zul meneruskan, kedua tim ini memiliki pola permainan yang sama. Namun, kemungkinan Uruguay akan bermain keras dan licik untuk menjatuhkan lawan. Kolombia juara grup C dan Uruguay runner up grup D. :”Tapi dini hari nanti, saya perkirakan Uruguay akan menguasai Kolombia,” imbuh mantan pemain bola di RC era 1970-an.

Suarez yang tidak lagi diturunkan, Uruguay akan mengandalkan Forlan, Cavani, Rodriguez. Mereka dipekrirakan akan memorak-porandakan pertahanan Kolombia. “Tapi, sekali lagi, Kolombia tidak akan melemah, sebaliknya akan bermain keras,” pungkas Zul.

Perkiraan susunan pemain:

Kolombia (4-3-3): 1. David Ospina; 7. Pablo Armero, 2. Cristian Zapata, 3. Mario Yepes, 18. Juan Zuniga; 8. Abel Aguilar, 6. Carlos Sanchez, 20. Juan Quintero; 10. James Rodriguez, 11. Juan Cuadrado, 9. Teofilo Gutierrez.
Pelatih: Jose Pekerman

Uruguay (4-4-2): 1. Fernando Muslera; 22. Martin Caceres, 13. Jose Gimenez, 3. Diego Godin, 6. Alvaro Pereira; 17. Egidio Arevalo, 14. Nicolas Lodeiro, 20. Alvaro Gonzalez, 7. Cristian Rodriguez; 10. Diego Forlan, 21. Edinson Cavani.
Pelatih: Oscar Tabarez

  • Bagikan