Beranda BOLA Euro Piala Eropa 2016: Inggris Siap Atasi Slowakia

Piala Eropa 2016: Inggris Siap Atasi Slowakia

175
BERBAGI
Inggris saat taklukkan Wales 2-1. (Foto: World Soccer)

Ayid Suyitno PS

TERASLAMPUNG.COM – Inggris mengincar kemenangan dari Slowakia dalam pertandingan ketiga atau terakhir Grup B di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Paris, Prancis, Selasa (21/6) dinihari WIB. Meski hasil imbang sudah cukup bagi The Three Lions untuk lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2016.

Tekad Sang Tiga Macan mengaumkan mendapatkan tiga poin dipicu keinginan memuncaki klasemen akhir grupnya. Sekaligus membuktikan layak sebagai salah satu timnas yang difavoritkan juara turnamen terbaik antarnegara Eropa ini.

Pelatih Inggris, Roy Hodgson, beruntung karena pasukannya punya semangat bermain luar biasa. Hal ini dibuktikan saat menang atas Wales 2-1 pada pertandingan kedua. Setelah sempat tertinggal 0-1, Inggis bisa membalikkan keadaan melalui Jamie Vardy dan Daniel Sturridge.

Padahal, pada pertandingan pertama dipaksa Rusia bermain imbang 1-1. Peristiwa yang membuat Inggris digunjing sebagai timnas yang tidak pantas menyandang trofi Euro kali ini.

Tidak ingin terpeleset dari Slowakia, Hodgson bakal menurunkan skuad terbaik. Wayne Rooney kemungkinan dibangkucadangkan demi efektivitas permainan yang bakal dibangun Chris Smalling dan kawan-kawan.

“Kami mengincar tiga poin dari Slowakia. Ini hal pasti yang sudah kami canangkan dalam pertandingan nanti,” tegas Hodgson.

“Kami sudah menemukan formasi pas sebagai kekuatan penuh. Soliditas, daya juang, dan pantang menyerah jadi pembeda pasukan kami,” lanjutnya.

Modal bagus dimiliki Inggris untuk Slowakia. Dari head to head tiga kali pertemuan, Inggris selalu tampil sebagai pemenang.

Pelatih Slowakia, Ja Kazak, menyadari inferior pasukannya atas Inggris. Ia pun menyerukan agar Marek Hamsik cs tidak tidak takut. Menurut Kazak, catatan rekor bukan jaminan. Paling penting, skuadnya bisa menjalani laga ini dengan sebaik mungkin.

“Kami juga menginginkan kemenangan. Karena itu hasil realistis untuk kami bisa melangkah ke babak berikutnya. Kami siap memperlihat ketangguhan seperti saat menundukkan Rusia dalam duel sebelumnya,” timpal Kazak.

Pada laga lainnya di grup ini, Wales akan bertemu Rusia. Hasil dari duel ini juga berpengaruh terhadap posisi Inggris dan Slowakia. Karena kedudukan klasemen Grup B saat ini adalah pertama Rusia (poin 4), kedua Slowakia (3), ketiga Wales (3), dan keempat Rusia (1).

Bukan tidak mungkin jika Inggris diimbangi Slowakia, maka Wales yang memuncaki grup ini. Jika Wales menang dari Rusia, sehingga Gareth Bale dan para rekannya punya poin 6. Dengan Inggris tetap aman di posisi dua (5), Slowakia ketiga (4), dan Rusia (1).

Bahkan, ada kemungkinan lain jika Inggris versus Slowakia memang benar imbang. Adapun Rusia menang dari Wales. Yakni, posisi pertama Inggris (poin 5), posisi dua Slowakia (4), posisi tiga Rusia (4), dan posisi empat Wales (3).

Masih ada utak-utik lain? Silakan! Berbagai perhitungan ini baru bisa dituntaskan Selasa pagi nanti.

Prakiraan Pemain:
Slowakia (4-3-3): Matus Kozacik — Martin Skrtel, Tomas Hubocan, Jan Durica, Peter Pekarik; Marek Hamsik, Juraj Kucka, Viktor Pecovsky; Ondrej Duda, Vladimir Weiss, Robert Mak.
Inggris (4-3-3): Joe Hart — Danny Rose, Gary Cahill, Chris Smalling, Kyle Walker; Dele Alli, Wayne Rooney, Eric Dier; Adam Lallana, Jamie Vardy, Daniel Sturridge.

Loading...