Beranda Video Piala Eropa 2016: Sikat Spanyol, Kroasia Juara Grup D

Piala Eropa 2016: Sikat Spanyol, Kroasia Juara Grup D

119
BERBAGI
Kroasia kalahkan Spanyol 2-1.

TERASLAMPUNG – Kroasia menjadi timnas terbaik pada Grup D Piala Eropa 2016. Bukan Spanyol seperti yang selama ini digadang-gadang. Itu karena Kroasia berhasil menyikat Spanyol dalam pertandingan ketiga atau terakhir fase grup Euro 2016 di Bordeaux, Prancis, Rabu (22/6) pagi WIB.

Dalam laga penentuan untuk memastikan pimpinan klasemen grup ini, Kroasia bisa meladeni permainan Spanyol. Dengan Spanyol memimpin terlebih dulu melalui Alvaro Morata saat duel ini berjalan delapan menit.

Namun, dua gol Kroasia masing-masing di babak pertama dan kedua membuat Tim Matador takluk. Gol pertama dicetak Nikola Kalinic dan gol kedua dibuat Ivan perisic.

Spanyol sempat berpeluang menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti Sergio Ramos. Namun, sayang, Ramos gagal menjadi algojo La Furia Roja karena tendangannya mampu dihalau kiper Kroasia, Danijel Subasic.

Akun Twitter @OptaJohan, Rabu, menyebut kegagalan Ramos menambah rentetan catatan buruk Spanyol dalam mengeksekusi penalti di Piala Eropa. Spanyol tercatat telah empat kali gagal mencetak angka dari tendangan penalti.

“4- Spanyol telah empat kali gagal dari tujuh tendangan penalti di Euro (tidak termasuk tendangan langsung). Gugup,” tulis akun Twitter @OptaJohan.

Kejutan juga terjadi grup ini. Saat Turki menaklukkan Republik Ceko 2-0. Pertama, di menit 10, melalui Burak Yilmar. Kedua, di menit 65, melalui Ozan Tufan.

Turki memanaskan persaingan dengan menempati urutan tiga grup dengan poin 3, sehingga harus menunggu sampai seluruh fase grup usai untuk peluang ke babak 16 besar. Ceko yang menempati posisi empat atau terakhir dengan poin 1 harus angkat koper.

Tentu saja, Kroasia yang berada di posisi pertama dan sebagai juara Grup D dengan poin 7 dipastikan melaju ke babak 16. Spanyol mendampingi di urutan dua dengan poin 6.

Ayid Suyitno PS