Beranda BOLA Piala Eropa 2016: Swiss Tundukkan Albania 1-0

Piala Eropa 2016: Swiss Tundukkan Albania 1-0

98
BERBAGI
Fabian Schar merayakan gol setelah membobol gawang Albania pada menit ke-5. (Foto: worldsoccer)

TERASLAMPUNG.COM, Lens – Tim Swiss berhasil memperoleh poin penih di laga perdana babak Grup A Piala Eropa setelah menundukkan Albania di Stadion Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Sabtu (11/6/2016) malam WIB.

Kemenangan Swiss dibuka pada menit kelima babak pertama. Gol bermula dari bola tendangan sepak pojok Xherdan Shaqiri yang dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Fabian Schar dengan sundulan kepalanya.

Memasuki paro tengah babak pertama, Albania makin mengintensiifkan serangan. Punggawa Albania berpeluang menciptakan gol pada menit ke-30 lewat tendangan Taulant Xhaka. Namun, bola yang ditendang Xhaka bisa dihadang kiper Swiss, Yann Sommer.

Intensitas  kedua tim serangan yang lumayan tinggi membuat Albania kehilangan salah satu pemainnya karena mendapatkan kartu merah pada menit  37.  Lorik Cana dihadiahi kartu merah karena dinilai wasit telah sengaja menyentuh bola dengan tangannya.

Sementara Swiss sempat berpeluang menambah gol lewat hadiah tendangan bebas. Sayangnya, tendangan bebas yang hanya beberapa sentimeter dari kotak penalti itu gagal dimanfaatka Blerim Dzemaili.

Pada babak kedua, tim asuhan Gianni De Biasi tak juga bisa menggedor dan membongkar rapatnya barisan pertahanan Swiss. Lini belakang Swiss  yang dikawal Stephan Lichtsteiner, Schar, Johan Djorou dan Ricardo Rodriguez seolah benteng yang sulit ditembus. Skor 1-0 pun bertahan hingga babak kedua berakhir.

Kemenangan ini membuat Swiss bersaing ketat dengan Prancis pada papan atas klasemen Grup A. Kedua tim memiliki tiga poin. Sementara Albania dan Rumania masih belum meraup angka.