Piala Thomas: Semifinal Lawan Denmark Petang Ini, Anthony Ginting cs Makin Pede

  • Bagikan
Ganda putra Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya saat berhadapan dengan Aaron Chia / Soh Wooi Yik di perempat final Piala Thomas, pada Jumat, 15 Oktober 2021. Pasangan berjulukan The Minions ini menang dengan skor 21-17, 16-21, dan 21-15. Instagram/BWF Official-Badminton Photo
Ganda putra Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya saat berhadapan dengan Aaron Chia / Soh Wooi Yik di perempat final Piala Thomas, pada Jumat, 15 Oktober 2021. Pasangan berjulukan The Minions ini menang dengan skor 21-17, 16-21, dan 21-15. Instagram/BWF Official-Badminton Photo

TERASLAMPUNG.COM — Tim bulu tangkis Indonesia akan menghadapi tuan rumah Denmark pada babak semifinal Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, pada Sabtu, 16 Oktober 2021. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky mengatakan kepercayaan diri para pemainnya mulai meningkat menyusul kemenangan 3-0 atas Malaysia di babak perempat final.

“Saya lihat dari hasil sebelumnya, mereka bermain dengan sangat berbeda. Mulai muncul kepercayaan diri, kayakinan dan motivasi mereka, baik single maupun ganda. Itu sangat menggembirakan,” kata Rionny dikutip dari Badminton Indonesia.

Ia berharap para pemainnya bisa meningkatkan kepercayaan diri saat menghadapi Denmark. Selain itu, menurut Rionny, para pelatih dan atletnya harus mengevaluasi kekurangan yang muncul pada laga melawan Malaysia. “Lawan Denmark mereka harus bermain lebih bersabar dan menentukan permainan seperti apa yang diterapkan di lapangan. Karena melawan Denmark enggak gampang ya,” ujar Rionny.

Rionny mengakui Indonesia kemungkinan bakal kesulitan menghadapi wakil Denmark di nomor tunggal. Secara peringkat, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie berada di bawah pemain utama Denmark seperti Viktor Axelsen dan Anders Antonsen yang berada di peringkat 2 dan 3 BWF. Sedangkan di tunggal ketiga, Shesar Hiren Rhustavito dan Hans-Kristian Solberg Vittinghus berada di peringkat 21 dan 22.

Namun, melihat peringkat para pemainnya, Rionny tak mau ambil pusing. “Dari tunggal putra, Denmark memang di atas kita. Namun, melihat dari hasil pertandingan terakhir, performa Ginting dan kawan-kawan dari Piala Sudirman sampai di Piala Thomas, grafiknya naik terus, tetapi itu bukan kebetulan. Memang kepercayaan dirinya mulai kembali, mereka mulai menunjukkan jati dirinya” tutur dia.

Adapun untuk nomor ganda putra, Rionny lebih percaya diri. Ia yakin pasangan yang bakal turun bakal menyumbang poin untuk Indonesia. “Siapa yang lebih siap itu yang akan diturunkan. Makanya, evaluasi tim itu penting sekali. Siapapun yang turun, ganda kita di atas mereka. Dihitung dari kalah menang, ganda kita lebih unggul,” ujar Rionny Mainaky.

Susunan Pemain

Aksi kedua tim bulu tangkis ini akan bisa disaksikan mulai pukul 13.00 waktu Denmark, atau pukul 18.00 WIB. TVRI akan menayangkan pertandingan ini secara langsung.

Denmark diperkuat sejumlah pemain intinya. Viktor Axelsen, tunggal utama yang menempati ranking 2 dunia akan menghadapi Anthony Sinisuka Ginting, peringkat 5 BWF. Berlaga di depan publiknya sendiri, peraih medali emas Olimpiade Tokyo ini punya catatan menang pada dua pertandingan terakhir atas Ginting, yaitu pada Thailand Open dan BWF World Tour Finals.

Di nomor tunggal lainnya, Jonatan Christie, peringkat tujuh dunia, akan menghadapi pemain peringkat tiga dunia, Anders Antonsen. Adapun di nomor tunggal ketiga, Shesar Hiren Rhustavito akan menjadi andalan Indonesia untuk menghadapi Hans-Kristian Solberg Vittinghus. Rhustavito dan Vittinghus relatif berimbang. Keduanya berada di peringkat 21 dan 22 BWF.

Tertinggal secara peringkat di nomor tunggal, Indonesia kemungkinan bakal bertumpu pada nomor ganda. Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto bakal berjuang untuk memperoleh poin untuk Indonesia.

Berikut susunan pemain Indonesia vs Denmark di semifinal Piala Thomas 2020.

Tunggal putra 1:
Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen

Ganda putra 1:
Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Kim Astrup vs Anders S Rasmussen

Tunggal putra 2:
Jonatan Christie vs Anders Antonsen

Ganda putra 2:
Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto vs Mathias Christiansen / F Sogaard

Tunggal putra 3:
Shesar Hiren Rhustavito vs Hans-Kristian Solberg Vittinghus

TEMPO

  • Bagikan