Piala Dunia: Belanda Sedikit Unggul dari Chile

  • Bagikan

Isbedy Stiawan ZS, Bagas M. Prasetyo/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG—Tim nasional Belanda akan menghadapi Chile dalam pertandingan penyisihan Grup B di Arena de Sao Paulo, Brasil, pada Senin (23/6) pukul 23.00 WIB.

Kedua tim yang berlaga ini sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014. Sementara itu, 2 tim di Grup B yang sudah dipastikan tidak lolos yaitu Australia vs Spanyol yang akan bertanding pada hari dan waktu yang sama.

Kendati begitu, bukan berarti kedua tim ini tidak akan bermain ngotot. Pasalnya, baik Belanda mupun Chile ingin berada di puncak klasemen Grup B, untuk menghindari bertemu Brasil -yang kemungkinan menjadi juara Grup A- di perdelapan final (babak 16 besar).

Zul “Boyke” Irianto, pengamat bola yang dihubungi di Bandarlampung, Senin (23/6) sore, menuturkan timnas Belanda hanya butuh seri (draw) untuk jadi juara Grup B, sedangkan Chile harus mengalahkan Belanda untuk menjadi juara grup.

“Jadi, bukan tidak mungkin pertandingan Senin malam nanti, akan seru. Mereka bukan hanya puas lolos dari grup B, tapi bagaimana menjadi pemimpin di klasemen. Keuntungannya tidak bertemu dengan Brasil,” kata Zul.

Mantan pesepakbola era 1970-an di Bandarlampung yang memprediksi Belanda akan menang saat tanding dengan Chili. “Skornya, ya paling 1-0 utuk Belanda,” ujarnya.

Disinggung cuaca anatar Brasil dengan Belanda (Eropa) yang dinilai akan ikut memengaruhi pemain, menurut Boyke, bagi pemain sekelas Dunia seperti Belanda tidak lagi berpengaruh.

Meski begitu, menurut Zul, tidak menutup kemungkinan Chili bisa menang dalam laga ini. Namun kalau melihat skuad Belanda lebih berbobot dan kualitasnya baik, tim Orange ini penti mendominasi permaianan.

Belanda kemungkinan tanpa Versie yang cedera ruingan. Juga beberapa nama bintang karena “disimpan” untuk mengahadapi lawan di 16 besar. “Tapi kan masih ada pemain lain yang juga kuat untuk memenangkan Orange pada laga ini,” imbuh Zul.

Pola permaian Belanda kemungkinan menggunakan 4-5-1 yang dimotori pemain lini tengah yang tangguh Guzman—kalau pemain ini tidak dicadangkan—dan Janmat. Dinantu de Jong, umpan-umpan pendek akan mengalir ke pemain di lini depan.

Kemudian, masih kata Zul, pola permaian kedua tim ini akan lambat dan hati-hati. Alasannya sederhana, untuk menghindari akumulasi kartu kuning.

 

Timnas Chile merayakan gol

Sementara lini depan Chlie ada Sanchez, Vargas, Aranguis. Kemudian di lini tengah ada Sliva, Diaz yang briliant, dan Vidal. “Dimotori Vidal, Chili bisa meredam dan mematahkan serangan Belanda. Mentekel dengan bersih,” terus Zul Irianto.

Vidal yang berjuluk gladiator ini, masih kata Boyke, bisa bermain keras namun sporitf dan bersih. “Vidal akan mampu menmgantisipasi serangan maupun bertahan,” lanjut dia.

Jika melihat performa kedua tim ini,  rasanya sulit memprediksi hasil akhir pertandingan, namun dengan materi pemain bertabur bintang dan mental juara yang dimiliki, sekali lagi, Belanda sedikit lebih unggul untuk membawa pulang poin penuh.

Prediksi pemain
Belanda : Bolhi , Cadamuro , Herra , Ghoulam , Taider , Feghouli , Bentaleb , Djabou , Nedjani , Nostefa , Soudani.
Chile : Bravo , Albornoz , Silva , Carmona , Isla , Diaz , Vidal , Medel , Valdivia , Sanchez , Pinilla .

  • Bagikan