Beranda News Pilbup Pilbup Lampura, Jalur Independen Sepi Peminat

Pilbup Lampura, Jalur Independen Sepi Peminat

478
BERBAGI
Anggota KPU Lampura, Aprizal Ria
Feaby|Teraslampung,con
Kotabumi–Pemilihan Bupati Lampung Utara (Lampura) pada tahun 2018 mendatang dari jalur perseorangan atau jalur independen sepi peminat. Buktinya, tak ada satu pun calon perseorangan yang menghubungi pihak Komisi Pemilihan Umum ‎(KPU) Lampura hingga di hari akhir pengumuman pendaftaran yang jatuh pada hari ini.
“Sampai siang ini belum ada satu calon perseorangan yang menghubungi kami,” kata anggota KPU Lampura, Aprizal Ria, di kantornya, Rabu (22/11/2017).
Padahal, menurut Aprizal, pengumuman pendaftaran dan penyerahan berkas dukungan dari calon bupati dari jalur perseorangan yang dibuka sejak tanggal 9 November itu ditutup pada hari ini. Para calon bupati yang tertarik mengikuti dari jalur perseorangan masih dapat menghubungi pihaknya paling lambat hingga tengah malam ini.
‎”Jika jelang penutupan nanti ada calon perseorangan maka mereka akan kami minta menyampaikan berkas dukungan pada tanggal 25 – 29 November,” urainya.
Berkas persyaratan yang disampaikan ialah berkas yang berisikan dokumen kependudukan para pendukung mereka. ‎Total dukungan yang harus disampaikan oleh calon perseorangan ialah 8,5 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir Lampura.
“Total DPT Lampura terakhir, yakni pada tahun 2014 mencapai 438.292 jiwa. Dengan demikian, 8,5 persen dari DPT tersebut ialah sekitar 37.255 jiwa,” papar bang Izal, sapaan akrabnya.
‎Berkas dokumen dukungan itu harus tersebar minimal lebih dari separuh dari kecamatan di Lampura atau dengan kata lain tersebar di dua belas kecamatan dari total dua puluh tiga kecamatan yang ada.
“Berkas itu akan diverifikasi secara faktual di tingkat desa/kelurahan. Lalu, direkapitulasi di kecamatan dan hasilnya akan ditetapkan oleh KPU apakah calon perseorangan itu memenuhi persyaratan atau tidak untuk Pilbup mendatang,” kata dia.
Selain diminta menyampaikan berkas dokumen, para calon perseorangan akan diwajibkan untuk ‎mengunggah dokumen dukungan mereka melalui Sistem Aplikasi Pencalonan (Silon) pada situs resmi KPU.
“Tujuan Silon ini untuk memudahkan petugas menemukan KTP – KTP ganda yang disampaikan oleh para calon perseorangan,” jelasnya.
Setelah ditetapkan memenuhi syarat untuk maju dari jalur perseorangan, calon bupati itu dapat ikut mendaftar saat pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Lampura yang dilakukan berbarengan dengan calon dari jalur partai politik pada tanggal 8 – 10 Januari mendatang.
“Calon perseorangan yang ditetapkan memenuhi syarat maka dapat mendaftar pada pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Lampura pada Januari tahun 2018 mendatang,” kata mantan aktivis mahasiswa itu.
Area lampiran
Loading...