Pilbup Lampura, KPU Kerahkan 1.137 Petugas Pemutakhiran Data

  • Bagikan
Anggota KPU Lampung Utara, Mat Ahir
Anggota KPU Lampung Utara, Mat Ahir

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Komisi Pemilihan Umum Lampung Utara (KPU Lampura) bakal menerjunkan 1.137 Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PDPD) ke setiap rumah penduduk di Lampura. Tujuannya supaya didapati daftar pemilih tetap yang akurat yang akan digunakan dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) pada akhir Juni mendatang.

“1.137 PPDP akan mendatangi seluruh rumah warga untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih yang akan digunakan dalam Pilbup mendatang,” terang anggota KPU Lampura Divisi Perencanaan dan Data, Mat Ahir, di kantor KPU, Rabu (17/1/2018).

Mat Ahir menuturkan, para PPDP ini akan bertugas sejak tanggal 20 Januari hingga 18 Februari mendatang. Mereka akan meminta setiap warga yang dikunjungi untuk mengisi formulir ‎pendataan. Dengan demikian, data yang didapat diharapkan akan benar – benar valid.

“Setelah PPDP melakukan tugasnya, mereka akan menyampaikannya ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk direkapitulasi,” jelasnya.

Hasil rekapitulasi dari PPK akan ‎disampaikan kepada KPU. Pihak KPU akan meneliti dan mencermati hasil rekapitulasi tersebut. Setelah itu, KPU akan segera menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan mengirimkannya kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS). Pihak PPS akan mengumumkan DPS itu di pelbagai tempat strategis pada wilayanya masing – masing.

“Kalau enggak ada tanggapan dari warga setelah DPS diumumkan maka KPU akan segera menetapkannya menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 19 April mendatang,” papar dia.

Ia‎ juga mengimbau kepada seluruh PPDP yang akan bertugas untuk benar – benar menjalankan tugasnya sesuai standar operasi yang telah ditetapkan. Jangan sampai lagi terulang cerita ada PPDP yang di rumahnya sendiri sehingga hasil yang didapat tak akan akurat.

“‎Selamat bekerja kepada rekan – rekan PPDP dan kami minta bekerjalah secara profesional supaya DPT yang dihasilkan dapat benar – benar akurat,” imbaunya.
Area lampiran

  • Bagikan
You cannot copy content of this page