Beranda News Pilbup Pilbup Lampura, Panwaslu Minta Paslon Tidak Beriklan di Media Massa di Luar...

Pilbup Lampura, Panwaslu Minta Paslon Tidak Beriklan di Media Massa di Luar Jadwal

151
BERBAGI
Panwaslu Lampung Utara bersama Satuan Polisi Pamong Praja menertibkan alat pe‎raga sosialisasi dari pasangan calon bupati/pasangan calon gubernur
Panwaslu Lampung Utara bersama Satuan Polisi Pamong Praja menertibkan alat pe‎raga sosialisasi dari pasangan calon bupati/pasangan calon gubernur
Feaby|Teraslampung.com
Kotabumi–Panitia Pengawas Pemilu Lampung Utara (Panwaslu) mengimbau kepada para pasangan calon peserta Pemilihan Bupati Lampung Utara untuk tidak memuat iklannya di media massa di luar jadwal yang telah ditentukan.
“Iklan – iklan yang memuat foto pasangan calon di media massa kami minta dihentikan dulu karena sekarang belum waktunya,” kata Agus Ramdani, komisioner Panwaslu Lampura melalui ponselnya, Selasa (20/2/2018).
Menurut Agus, pemasangan iklan dari setiap pasangan calon baru dapat dilakukan sebelum masa tenang. Setiap Paslon akan diberikan waktu selama empat hari untuk me‎nayangkan iklan itu. Penayangan iklan kampanye juga harus difasilitasi oleh KPU.
Agus menyebutkan, jika masih saja ada paslon yang melanggar maka mereka terancam terkena sanksi seperti yang diatur dalam Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017. Adapun sanksinya, yakni peringatan tertulis, perintah penghentian penayangan iklan kampanye dan yang terakhir pembatalan sebagai paslon.
“Jika dalam waktu Ix24 jam melaksanakan perintah peringatan maka mereka akan terkena sanksi pembatalan sebagai pasnagan calon,” tegas Agus.
Selain mengimbau hal itu, Agus juga mengimbau kepada instansi di lingkungan Pemkab untuk segera membersihkan kendaraan – kendaraan dinas mereka dari gambar – gambar yang menjurus kepada salah seorang calon. Setiap papan reklame juga harus bersih dari gambar – gambar pasnagan calon. Imbauan ini juga telah mereka sampaikan secara tertulis kepada Pemkab pada pekan lalu.
“‎Pemasangan alat peraga kampanye baik tempat dan waktunya harus mengacu pada aturan yang ada. Jika tidak maka harus segera dibersihkan,” jelas dia.