Beranda Politik Pemilu 2014 Quick Count Pemilu 2014 DPR RI di Lampung: PDI Perjuangan Sementara...

Quick Count Pemilu 2014 DPR RI di Lampung: PDI Perjuangan Sementara Unggul 21,77 Persen

104
BERBAGI

Mas Alina Arifin/Teraslampung.com

Bandarlampung—Hasil hitung cepat Pemilu Legislatif 2014 di Lampung yang dilakukan Rakata Institut untuk sementara menempatkan PDI Perjuangan pada posisi teratas dengan perolehan suara 21, 77 persen.

Posisi kedua ditempati PAN dengan 13, 19 persen, disusul Partai Demokrat 11, 07 peren, Partai Golkar 9, 79 persen, dan Partai Gerindra 9, 72 persen.

Direktur Rakata Institut Eko Kuswanto mengatakan hasil perolehan suara itu baru berdasarkan 68, 12 persen suara yang masuk di pusat tabulasi Rakata Institur di Hotel Bukit Randu pada pukul 19.00WIB.

“Artinya, masih ada kemungkinan berubah. Dengan komposisi itu, PDI Perjuangan kemungkinan besar menjadi pemenang Pemilu Legislatif untuk DPR RI. Suara untuk DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten bisa berbeda.,” kata Eko.

Eko mengatakan pada Pemilu kali ini, tingkat partisipasi pemilih di Lampung 70, 78 persen. Partisipasi pemilih di Daerah Pemilihan (Dapil I lebih baik dibanding Dapil II Lampung.

“Partisipasi pemiliih caleg DPR RI di Dapil Lampung I sebesar 70, 12 persen , sementara di Dapil Lampung 65 persen. Persentasi itu termasuk kategori sedang. Selama ini partisipasi pemilih Pemilu di Lampung memang dalam kisaran 65-70-an persen,” kata Eko..

Menurut Eko,sesuai aturan KPU, pihaknya baru bisa mempublikasikan hasil hitung cepat setelah penghitungan suara DPR RI selesai. “Hasil hitung cepat pilgub lebih belakangan. Tapi akan kami usahakan bisa dipublikasikan bersamaan pada pukul 22.00 WIB nanti,”kata dia.

Baca Juga: Pemilu Bersama Pilgub Membuat Kakek Parman Repot
Baca Juga: Publikasi ‘Quick Caunt’ Pemilu di Lampung Terkendala Aturan KPU