Beranda News Pilgub Lampung Pilgub Lampung: Tidak Masuk DPT, Warga Tetap Bisa Mencoblos

Pilgub Lampung: Tidak Masuk DPT, Warga Tetap Bisa Mencoblos

605
BERBAGI
Masturi, 60, seusai mencoblos di TPS Bandarlampung, pada Pemilu 9 April 2014 lalu.

TERASLAMPUNG.COM — Masyarakat Lampung dihebohkan dengan kabar banyaknya warga yang memiliki hak pilih tetapi tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT) di TPS terdekat pada Plgub Lampung, Rabu besok, 27 Juni 2018.

Banyak warga berangkapan, jika tidak mendapatkan formulir C6 berarti ia tidak bisa mencoblos. Reaksi kemasygulan dan kemarahan mereka diungkapkan di media sosial, dengan menyebut bahwa “KPU sialan”.

Terkait hal itu, komisioner KPU Bandarlampung yang membidangi Divisi SDM, Partisipasi Masyarakat dan Kampanye, Fadilasari, menegaskan bahwa tidak masuk DPT bukan berarti tidak bisa mencoblos.

Ia pun meminta agar warga tetap  datang ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan, atau petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS tempat mereka terdaftar.

“Bila namanya masuk dalam daftar pemilih, bisa langsung diberikan formulir C6 oleh petugas,” kata Fadilasari, yang biasa disapa Ila itu.

Menurut Ila, formulir C6 itu bukanlah surat undangan, seperti pengertian pada pemilu terdahulu. Tapi C6 adalah surat atau formulir pemberitahuan.

“Bila pengertiannya surat undangan, maka yang tidak diundang tidak akan datang. Tapi ini adalah surat pemberitahuan, yang sifatnya mengingatkan,” ujar mantan jurnalis itu.

Bagi warga yang tidak sempat datang ke PPS atau KPPS pada hari ini, besok bisa langsung datang ke TPS dengan membawa KTP elektronik.

“Di tiap-tiap TPS, dipasang nama-nama warga yang masuk dalam daftar pemilih. Bila nama yang bersangkutan masuk dalam daftar, mereka bisa memilih pada pukul 07.00 sampai 13.00. Namun bila tidak masuk daftar pemilih, maka bisa memilih pada pukul 12.00-13.00, dan masuk sebagai pemilih tambahan,” paparnya.

Langkah mudah mengecek apakah nama warga tersebut masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) atau tidak, kata Ila, bisa dengan membuka tautan https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dpt/1/nasional.

“Dengan memasukkan nomor NIK, kita bisa langsung tahu apakah masuk DPT atau tidak,” kata Ila.

Ila mengatakan KPU Kota Bandarlampung sudah menginstruksikan PPK untuk terus memantau distribusi formulir C6 ke para pemilih.

“Kami terus memerintahkan PPK untuk memantau distribusi C6 itu, dan memastikan KPPS sudah menyampaikan kepada para pemilih,” katanya.

Loading...