Beranda Teras Berita Pilkada Bandarlampung: Ke Mana Larinya Dukungan Partai Gerindra?

Pilkada Bandarlampung: Ke Mana Larinya Dukungan Partai Gerindra?

177
BERBAGI
Muhammad Yunus membaca puisi saat mendaftar di Kantor KPU Bandarlampung, Minggu, 26 Ju;i 2015. (Foto: Dandy Ibrahim)

Dewi Ria Angela dan Mas Alina Arifin/Teraslampung.com

SETELAH Thobroni Harun-Qomarnurnizar (PAN, Hanura, PKPI) dan Muhammad Yunus-Ahmad Muslimin (jalur independen) mendaftarkan diri ke KPU Bandarlampung pada Minggu (26/7/2015), dijadwalkan hari ini (27/7/2015) Herman HN-Yusuf Kohar juga akan mendaftar di KPU. Herman-Kohar didukung oleh PDIP, PKB, Nasdem, Demokrat, dan PKS.

Partai Golkar sejauh ini belum jelas akan mendukung siapa. Yang pasti, jika akan  ikut mengusung bakal calon kepala daerah. partai beringin harus kompromi. Bapak-anak (Alzier Dianis Thabranie – Heru Sambodo) harus mau islah sementara. Itu pun syaratnya belum cukup. Golkar masih harus menggaet partai lain agar bisa mengusung calon. Salah satu partai yang lowong adalah Gerindra.

Sampai Senin siang, Hartarto Lojaya masih yakin bisa maju dengan Partai Gerindra dan Gerindra. Namun, Gerindra sendiri belum jelas arah dukungannya. Setidaknya, masih ada informasi yang mendua: pertama, Gerindra akan mendukung Herman HN. Informasi kedua, Gerindra akan bertaut dengan Hartarto Lojaya.

Kalau yang valid adalah informasi kedua, maka pasangan Hartarto Lojaya- Riza Mirhadi akan bisa mendaftarkan diri ke KPU dan meraikan bursa pilkada Bandarlampung. Pilkada Bandarlampung pun akan lebih meriah dan seru.

Sayangnya, dua informasi itu sama-sama kuat kebenarannya. Kabarnya, Ketua DPD Gerindra Gunadi Ibrahim lebih condong mendukung Hartarto Lojaya. Sedangkan Ketua DPC Gerindra Bandarlampung Andika Wibawa  tidak mau mengambil risiko dengan menjauh dari Herman HN-Yusuf Kohar.

Jawaban terhadap kebenaran informasi itu sekaligus kepastian apakah Hartarto Lojaya-Riza Mirhadi bisa maju dalam Pilkada Bandarlampung akan tergantung pada pukul 14.00 hari ini (27/7/2015) di Kantor KPU Bandarlampung. Yakni, saat Herman HN-Yusuf Kohar mendaftar di KPU Bandarlampung.

Jika Herman-Kohar ternyata tidak didukung Gerindra, artinya Gerindra merapat ke Hartarto Lojaya. Dengan begitu, Pilkada Bandarlampung akan diramaikan empat pasang calon: Thobroni Harun-Qomarnurnizar, Muhammad Yunus-Ahmad Muslimin, Herman HN-Yusuf Kohar, Hartarto Lojaya-Riza Mirhadi.

Penyunting: Oyos Saroso HN

Loading...