Beranda Ruwa Jurai Lampung Timur Pilkada Lampung Timur, KPU Gandeng Cak Sul untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Pilkada Lampung Timur, KPU Gandeng Cak Sul untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

381
BERBAGI

Diyan Ahmad Saputra/Teraslampung.com

Cak Sul dan Jamus Kalimosodo dalam acara Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Pilkada Lampung Timur 2015 di Lapangan Desa Gantiwarno, Kecamatan Pekalongan, Lampunng Timur, Sabtu malam. Foto. Raden Mas Himawan Imron

LAMPUNG TIMUR– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Timur menggandeng Cak Sul-Jamus Kalimasodo dalam acara sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih Pilkada Lampung Timur 2015, di Lapangan Desa Gantiwarno, Kecamatan Pekalongan, Sabtu malam (19/09/2015)

Sosialisasi Pilkada tersebut dihadiri oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Perangkat desa dan ratusan warga memenuhi lapangan.

Husin Timur, Komisioner KPU Lampung Timur menjelaskan kegiatan sosialisasi dengan mengandeng Syamsul Ariffin atau akrab disebut Cak Sul dan Jamus Kalimosodo dan warga sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih secara kualitas dan kuantitas yang sebelumnya sekitar 60-65%.

“Dengan mengandeng warga dan komunitas, kami berharap Pilkada 9 Desember nanti berjalan lancar dan  sukses,  baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal itu ditandai dengan bertambahnya pengetahuan pemilih tentang Pilkada maupun meningkatnya jumlah pemilih,  yang sebelumnya sekitar 65 % dari total warga yang masuk daftar pemilih tetap (DPRT),” ungkap Husin.

Denny Irawan, anggpta PPK Sekampung, mengatakan sosialisi pilkada pada malam ini adalah bentuk gotong royong pihaknya  selaku penyelengara pemilu, khususnya ditingkat kecamatan membantu kinerja KPU dalam sosialisasi pilkada.

Warga Lampung Timur duduk lesehn mendengarkan ceramah  Cak Sul dan pentas Jamus Kalimosodo. (Foto: Diyan Ahmad Saputra/Teraslampung.com).

Di akhir acara, Arif , warga desa menyampaikan alasan antusias warga ikut serta hadir. “Kami sangat senang bisa bertemu langsung dengan KPU. Apalagi mereka memberikan pengetahuan tentang pilkada secara langsung, jarang-jarang bisa kayak gini” ungkap Arif.

Cak Sul sendiri bukanlah ‘orang baru’ di Lampung Timur. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi komisioner KPU Lampung Timur periode 2000-2015. Ia membentuk Jamus Kalisodo sejak dekade akhir 1990-an dan selama ini sudah banyak bekerja sama dengan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun).

Ketika Cak Nun pentas bersama Kyai Kanjeng, tak jarang Cak Sul bersama Jamus Kalimosodo-nya yang mengiringinya.

Loading...