Beranda News Pilbup Pilkada Pringsewu, Mas Edi Sambangi Pengrajin Gerabah di Podomoro

Pilkada Pringsewu, Mas Edi Sambangi Pengrajin Gerabah di Podomoro

866
BERBAGI
Agus Edi Yanto (Mas Edi) berbincang dengan pengrajin gerabah di Podomoro, Pringsewu

PRINGSEWU-, Teraslampung,com –– Kreativitas warga dalam membuat kerajinan tangan, khususnya gerabah di Kabupaten Pringsewu, sudah lama teruji. Mereka sudah menunjukkan kelasnya. Meski begitu,  mereka mengaku seperti anak yatim piatu. Yaitu, tidak ada kepedulian dari pemerintah.

“Total pengrajin gerabah di sini awalnya ada 40 KK,” jelas Ramelan (60) ketika menerima kunjungan bakal calon bupati Pringsewu Edi Agus Yanto (Mas Edi), Rabu (18/5).

Seiring berjalannya waktu, banyak pengrajin yang enggan lagi menekuni industri rumahan itu, sebab selain kesulitan modal juga pangsa pasar yang ada, sangat terbatas.

Warga Podomoro, Kecamatan Pringsewu itu menjelaskan, perhatian dari pemerintah sebenarnya tidak perlu terlalu besar, baik itu permodalan maupun dalam rangka menciptakan pangsa pasar. “Cukup membuat promosi saja, tapi ya itu, kita seperti anak yatim piatu,” ujar dia.

Cabup Edi Agus Yanto menilai, pemerintah melalui dinas instansi terkait, seperti Dekranasda, dan semacamnya, bisa memfasilitasi warga yang membuat kerajinan gerabah dengan mengintervensi pasar.

“Ini salah satu aset kekayaan daerah yang mestinya bisa dimaksimalkan dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif warga,” kata Edi.

Apatisme pemerintah pada pengrajin gerabah, menurut dia, membuat orang enggan menekuni dunia industri rumahan, terutama anak muda sehingga ini dikhawatirkan meningkatkan angka pengangguran. “Jika pengangkuran angkatan kerja meningkat, angka kriminalitas akan terus naik, ini konsekwensi logisnya sehingga perlu perhatian secara khusus. Mengembangkan sektor industri yang sudah ada sebenarnya hanya butuh goodwill dan kepedulian pemerintah,” ujar Edi.

Ke depan, jika dirinya diberi amanah jadi Bupati Pringsewu, Pekon Podomoro bisa menjadi sentral gerabah, sehingga one village one product itu benar-benar berdampak pada kesejahteraan masyarakat. (*)

Loading...