Beranda Politik Pilkada Serentak Pilkada Serentak, Mendagri Keluarkan Tiga Instruksi

Pilkada Serentak, Mendagri Keluarkan Tiga Instruksi

92
BERBAGI
Mendagri Tjahjo Kumolo menyalami peserta Apel Kesiapan Camat dan Satpol PP, Jumat (18/9), di Lapangan Dataran Engku Putri, Kota Batam, Kepri. Foto: Istimewa

TERASLAMPUNG.COM, Batam– Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengeluarkan tiga instruksi kepada camat dan  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  di seluruhh Indonesia untuk menjaga netralitas  pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak 9 Desember  2015 di 269 kota/kabupaten dan sembilan provinsi.

“Tugas utama  dalam pilkada serentak  seluruh jajaran kecamatan harus netral,” kata Tjahjo Kumolo ketika  menyampaikan tiga perintah tersebut pada  Apel Kesiapan Camat dan Satpol PP,  Jumat (18/9), di Lapangan Dataran Engku Putri, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Mendagri mengingatkan  bahwa manipulasi suara, menambah angka, sering dilakukan oknum camat saat penghitungan suara dilakukan.

Menndagri meminta para camat harus bisa bekerja dengan baik dan bisa menjadi contoh bagi para luruh/kades.

Tiga instruksi Mendagri itu, pertama, seluruh jajaran kecamatan harus netral. Kedua, camat termasuk seluruh aparatur pemerintah harus melayani masyarakat dengan ikhlas. Ketiga, koordinasi dengan perangkat di tingkat kecamatan dan desa.

“Di tingkat kecamatan ada Kapolsek, Danramil, ada tokoh-tokoh masyarakat. Semua harus mampu membangun stabilitas daerah”, terang Mendagri.

Dalam mempersiapkan tahapan pilkada, kata Mendagri, seorang camat harus bisa melakukan deteksi dini.

Apel dihadiri pula  Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri, Komjen Pol Putut Bayuseno, Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI, Mayjen Wiyarto, serta seluruh bupati dan pejabat di Provinsi Kepulauan Riau.

Di Lampung, komitmen untuk menggelar pilkada damai sudah dilakukan oleh delapan KPU, beberapa waktu lalu. Komitmen yang dituangkan dalam penandatanganan pakta integritas itu melibatkan KPU, pasangan calon kepala daerah, DPRD, dan unsur terkait.