Pilkades Serentak 2021, Pemkab Lampura Anggarkan Rp1,2 Miliar

  • Bagikan

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Lampung Utara menyatakan besaran anggaran pemilihan kepala desa serentak ‎pada tahun ini mencapai Rp1,2 Miliar. Pilkades serentak sendiri akan dilaksanakan pada 9 November 2021 mendatang.

“Anggaran untuk Pilkades serentak yang dilaksanakan pada bulan November mendatang sebesar Rp1,2 Miliar,” kata Kepala DPMPD Lampung Utara, Abdurahman, Kamis (20/5/2021).

Besaran anggaran itu akan dipergunakan untuk pelbagai keperluan Pilkades. Keperluan – keperluan itu di antaranya pengadaan surat suara, dan kotak suara, serta kegiatan teknis lainnya.

“Kalau dibandingkan dengan Pilkades serentak sebelumnya, jumlahnya jelas menurun,” terangnya.

Menurut Abdurahman, dalam Pilkades kali ini, terdapat sejumlah perubahan penting yang‎ harus diikuti oleh setiap penyelenggara. Perubahan itu di antaranya penerapan standar protokol kesehatan, batasan minimal jumlah pemilih di setiap tempat pemungutan suara, yakni hanya 500 pemilih/TPS, dan penetapan calon kepala desa yang dilakukan di desa.

“Perubahan itu diatur dalam peraturan bupati terbaru yang saat ini hanya tinggal menunggu persetujuan dari pihak Pemerintah Provinsi Lampung,” urai dia.

Mantan Camat Sungkai Barat itu mengatakan, jumlah desa yang akan menggelar pesta demokrasi tertinggi di desa itu mencapai 143 desa. Tahapan awal Pilkades sendiri akan dimulai sejak awal bulan Juni mendatang.

“‎Penetapan calon kepala desa akan dilakukan pada bulan September dan pemilihannya dilakukan di bulan November,” kata mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia itu.

Ditambahkan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMPD, Ismirham Adi Saputra bahwa selain berasal dari pemkab, anggaran Pilkades juga akan berasal dari dana desa. Besarannya bervariasi mulai dari ‎Rp40 juta hingga Rp60 juta sesuai dengan jumlah mata pilih.

“Untuk desa – desa yang akan menyelenggarakn pilkades di antaranya Desa Talangjembatan, Sinarharapan, Negarabumi, Tanjungbaru, Pagar, Bumiratu, Merambung, dan Nyapahbanyu,” terang dia.‎

.com/t/e/teraslampung.com.1193498.js" async>
  • Bagikan