Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Pilkades Serentak di Lampung Utara akan Digelar Akhir November 2020

Pilkades Serentak di Lampung Utara akan Digelar Akhir November 2020

512
BERBAGI
Ilustrasi

Feaby Handana| Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Lampung Utara menjadwalkan ulang pelaksanaan ‎pemilihan kepala desa serentak pada tanggal 24 November mendatang. Penjadwalan ulang ini imbas dari pandemi COVID-19 yang saat ini tengah terjadi.

“Pilkades dijadwalkan ulang ke tanggal 24 November mendatang,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMPD Lampung Utara, R. Habibie, Senin (6/7/2020).

Kendati demikian, jadwal ini masih sebatas usulan karena belum disahkan oleh Pelaksana Tugas Bupati Lampung Utara, Budi Utomo‎. Jika telah disetujui maka jadwal pelaksanaannya akan tetap sesuai rencana.

“Masih belum diteken oleh pak Budi,” terangnya.

‎Dengan jadwal tersebut maka seluruh tahapan Pilkades diperkirakan akan dimulai pada bulan Agustus. total desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak berjumlah 28 desa.

“Jumlah desa yang menggelar Pilkades serentak ada 28 desa,” kata dia.

Sebelum COVID-19 ditetapkan menjadi pandemi, Pilkades dijadwalkan pada tanggal 27 Juli mendatang. ‎Besaran anggaran yang dialokasikan oleh Pemkab Lampung Utara untuk perhelatan ini berjumlah Rp‎400 juta. Di luar dana itu masih ada dana yang harus dipersiapkan oleh setiap desa peserta Pilkades.

Besaran anggaran yang dipersiapkan oleh setiap desa pun bervariasi karena tergantung jumlah penduduknya masing – masing. Desa yang memiliki penduduk ‎2.000 jiwa dapat mengalokasikan anggaran maksimal sebesar Rp30 juta.

Untuk desa yang penduduknya berjumlah dari 2.000-4.000 jiwa, maksimal anggaran yang dipersiapkan sebesar Rp40 juta. Sementara untuk desa yang jumlah penduduknya di atas 4.000 jiwa, maksimal anggarannya yang dapat dipersiapkan mencapai Rp50 juta.

Loading...