Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Pilkades Serentak di Lampung Utara Digelar pada Juli 2020

Pilkades Serentak di Lampung Utara Digelar pada Juli 2020

206
BERBAGI
Ilustrasi

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Pemilihan Kepala Desa serentak (Pilkades) Lampung Utara dipastikan akan digelar pada tanggal 27 Juli mendatang. Pilkades kali ini akan diikuti oleh 28 desa yang tersebar di sejumlah kecamatan.

“Pilkades serentak akan di‎lakukan pada tanggal 27 Juli mendatang,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Lampung Utara, Wahab saat ditemui di rumah jabatan Wakil Bupati Budi Utomo, Rabu (19/2/2020).

Wahab menjelaskan, total desa yang akan menggelar Pilkades serentak kali ini berjumlah 28 desa. Desa – desa itu tersebar di sejumlah kecamatan yang ada di Lampung Utara.

“Total desanya ‎berjumlah 28 desa,” terang dia.

Meski baru akan dilakukan pada bulan Juli nanti, namun tahapan Pilkades akan dimulai sejak bulan April mendatang. Tahapan – tahapan itu harus dilalui oleh setiap calon peserta Pilkades.

“Tahapannya akan dimulai bulan empat,” katanya.

Ia kembali mengatakan, besaran anggaran yang dialokasikan oleh Pemkab Lampung Utara untuk perhelatan ini berjumlah Rp‎400 juta. Di luar dana itu masih ada dana yang harus dipersiapkan oleh setiap desa peserta Pilkades.

Besaran anggaran yang dipersiapkan oleh setiap desa bervariasi karena tergantung jumlah penduduknya masing – masing. Desa yang memiliki penduduk ‎2.000 jiwa dapat mengalokasikan anggaran maksimal sebesar Rp30 juta.

Untuk desa yang penduduknya berjumlah dari 2.000-4.000 jiwa, maksimal anggaran yang dipersiapkan sebesar Rp40 juta. Sementara untuk desa yang jumlah penduduknya di atas 4.000 jiwa, maksimal anggarannya yang dapat dipersiapkan mencapai Rp50 juta.

“Itu angka maksimal yang bisa dipersiapkan. Jadi, bisa saja desa mengalokasikan anggaran di bawah itu‎,” papar dia.

Loading...