Pilkades Serentak di Lampura, Timsel Mulai Seleksi Berkas Persyaratan

Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby/Teraslampung,com

Tim seleksi berkas pemilihan Kepala Desa (Kades) Kabupaten Lampung Utara memeriksa berkas persyaratan para bakal calon kepala desa, Jumat (16/10). 

Kotabumi–Tim seleksi berkas pemilihan Kepala Desa (Kades) Kabupaten Lampung Utara melakukan verifikasi berkas persyaratan para bakal calon Kades, di aula Siger Pemkab, Jumat (16/10) pagi.

“Hari ini, ada sekitar 54 bakal calon Kades dari 15 Desa yang diverifikasi berkas persyaratannya oleh Tim seleksi berkas pemilihan Kades,” tutur Kepala Sub Bidang (Kasubid) Keuangan dan Kekayaan Desa dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Firmansyah, di sela – sela kegiatan, Jum’at (16/10).

Firmansyah mengatakan seleksi berkas yang dilakukan tim verifikasi yang terdiri dari berbagai unsur seperti Polres, Kodim 0412, Kejaksaan, Inspektorat, Dinas Pendidikan, BPMPD bertujuan untuk meneliti berbagai persyaratan bakal calon Kades sehingga dapat ditetapkan sebagai calon Kades.

“Berbagai persyaratan yang dibutuhkan itu di antaranya seperti surat keterangan warga negara Indonesia, akte kelahiran, surat pernyataan tinggal dii Desa, tidak sedang dihukum penjara, surat izin tertulis dari atas yang berwenang bagi calon dari PNS,” paparnya.

Di antara persyaratan tersebut, masih menurut Firmansyah, terdapat persyaratan utama yang harus dipenuhi para bakal calon Kades jika ingin bertarung dalam pemilihan kades serentak pada tanggal 19 November mendatang yakni harus berdomisili di desanya minimal satu tahun.

 “Yang bersangkutan (bakal calon Kades,red) harus tinggal di desanya paling lama minimal setahun. Kalau enggak, ya enggak boleh,” urai dia.

Proses verifikasi ini, imbuhnya, akan berlangsung selama sembilan hari ke depan terhitung sejak tanggal 16 – 24 Oktober mendatang. Bagi para bakal calon kades yang kedapatan mengalami kekurangan berkas persyaratan, kata dia lagi, akan diberikan waktu dua hari untuk melengkapi kekurangannya.

“Setelah berkas dirasa lengkap maka tim verifikasi akan menggelar rapat pleno bersama Tim Panitia tingkat Kabupaten untuk menetapkan bakal calon Kades mana saja yang layak untuk mengikuti Pemilihan Kades serentak. Penetapan calon Kades akan dilakukan tanggal 26 Oktober ini,” terangnya.

Sementara, salah satu bakal calon Kades asal Desa Curup Guruh Kagungan, Alfian mengatakan dirinya menyambut baik verifikasi berkas yang dilakukan tim verifikasi. Dengan demikian, setiap bakal calon Kades yang nantinya akan ditetapkan sebagai calon kades memang benar – benar layak untuk mengikuti pertarungan pemilihan kades di desanya masing – masing.

Sedangkan terkait motivasi dirinya mengikuti pemilihan kades di desanya, ia mengatakan dirinya merasa terpanggil untuk memberikan sumbangsih pengetahuan dan keahlian yang dimilikinya untuk turut membangun desanya.

“Motivasi kami (bakal calon,red) mengikuti pemilihan kades ini hanya untuk membangun desa kami masing – masing supaya dapat lebih maju dan makmur,” kata dia.