Pilkades Serentak Lampung Utara 2021, Tiap TPS Maksimal 500 Pemilih

  • Bagikan
Pilkades serentak/ilustrasi

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lam‎pung Utara menegaskan setiap  tempat pemungutan suara (PTS) dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten  Lampung Utara pada 8 Desember 2021 mendatang maksimal 500 pemilih. Jika melebihi jumlah itu maka hal ini merupakan sebuah pelanggaran.

“Satu TPS itu maksimalnya untuk 500  pemilih. Tidak boleh lebih dari itu,” tegas Kepala Dinas PMD Lampung Utara, Abdurahman, Selasa (30/11/2021).

Ketentuan mengenai batas maksimal pemilih Pilkades serentak di Lampung Utara dalam satu TPS tersebut diatur dalam dua peraturan. Kedua peraturan itu adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Pemilihan ‎Kepala Desa dan Peraturan Bupati Nomor 44 tahun 2021.

“Maksimal hanya 500 orang. Lebih dari satu saja tidak boleh. Siap – siap saja dituntut orang k‎alau memang seperti itu (ada TPS yang lebih dari 500 pemilih) ,” kata dia.

Mengenai pendistribusian kotak berikut surat suara untuk Pilkades,  ‎akan dilakukan sekitar tanggal 5 atau 6 Desember mendatang. Untuk surat undangan pemilihan akan disampaikan ke pemilih pada tanggal 3 atau 4 Desember ini.

“Pihak kecamatan yang akan mengambilnya di kabupaten. Lalu, dari kecamatan akan didistribusikan ke desa – desa yang menggelar pilkades,” katanya.

Abdurahman juga mengatakan, ‎total TPS dan total daftar pemilih tetap dalam Pilkades serentak kali ini masing – masing berjumlah 547 TPS dan 237.549 DPT. Sementara untuk jumlah desa yang akan menggelar Pilkades serentak, jumlahnya mencapai 141 desa.

“U‎ntuk pelantikan kepala desa terpilih direncanakan di bulan Desember ini. Tapi, itu baru rencana ya dan belum dapat dipastikan,” kata dia.

  • Bagikan