PIlpres 2014: Antisipasi Kecurangan, Bawaslu Lampung Kerahkan Seribuan Relawan

  • Bagikan
Fatikhatul Khoiriyah

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com – Untuk mengantisipasi kecurangan Pemilu Presiden 9 Juli 2014, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung mengerahkan seribu lebih relawan yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten untuk memantau pelaksanaan Pilpres.

Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah mengatakan setiap kabupaten ada ditempatkan 80 relawan yang nantinya dapat membantu memberi informasi perkembangan pelaksanaan pencoblosan pada Panswa di daerah.

“Relawan kami terjunkan 80 personel untuk masing-masing kota dan kabupaten, harapannya relawan ini nantinya memberi informasilah pada panwas di masing-masing tingkatan,” kata dia, di Bandarlampung, Sabtu (5/7).

Sebelumnya pada Pileg April lalu, Bawaslu merekrut 16 ribu relawan, namun besarnya kapasitas relawan tidak sebanding dengan hasil yang diharapkan karena itu, Bawaslu membatasi masing-masing daerah memberdayakan 80 relawan saja.

“Ya maklum ajalah, namanya juga relawan tidak ada yang dibayar makanya hanya ratusan saja yang melaporkan kepada kami,” ujarnya.

Namun demikin, target penyelenggara pemilu untuk mengurangi angka golput pada saat itu dapat teratasi dengan adanya relawan itu.

Sementara itu dalam pilpres 2014 terdapat sekitar 5,8 juta daftar pemilih tetap di Lampung yang akan menyalurkan hak suaranya. Terkait proses pemilihan, warga di Bandarlampung sendiri belum menerima formulir undangan.

  • Bagikan