Pilpres 2014, Giliran Prabowo-Hatta Didukung Seniman Sumsel

Bagikan/Suka/Tweet:

Ahmad Marhaen/Teraslampung.com

Prabowo dan Hatta Rajasa (dok)

PALEMBANG – Perang dukungan terhadap calon presiden di Sumatera Selatan terus bergulir. Setelah Jokowi-JK mendapatkan dukungan dari seniman Palembang yang menamakan dirinya Kaukus Seniman Sumsel, giliran pasangan Prabowo-Hatta yang mendapatkan dukungan dari seniman. Seniman yang mendukung Prabowo-Hatta ini bernama Seniman Sriwijaya untuk
Prabowo-Hatta.

“Para seniman yang bergabung bukan hanya seniman modern, juga seniman tradisional. Mereka tersebar di 17 kabupaten dan kota di Sumsel,” kata Raden Syahril Erwin di Palembang, Jumat (13/6/2014) malam.

Adapun alasan dukungan terhadap Prabowo-Hatta, lantaran pasangan ini memiliki visi dan misi yang jelas dalam pengembangan kebudayaan berkarakter Indonesia. “Kami sangat merasakan karakter manusia Pancasila dari sosok Prabowo dan Hatta. Ini terlihat dari pemikiran dan perilakunya,” kata mantan Ketua Dewan Kesenian Palembang ini.

Dijelaskan seniman yang akrab dipanggil “Yayak” ini, saat ini kebudayaan Indonesia mengalami proses penurunan. Salah satunya, kesenian yang dulunya memiliki peran yang penting dalam pembentukan karakter manusia Indonesia, karakter yang menjunjung kebersamaan dan menghargai kebebasan individual. Seperti yang tercermin dari berbagai produk kesenian di Indonesia yang dihasilkan dari masa lalu, kini kesenian lahir lebih dirasakan sebagai produk kebebasan individual dibandingkan dari nilai-nilai kebersamaan. Dapat dikatakan kesenian
Indonesia sudah kehilangan Pancasila-nya,” katanya.

Guna mendukung kemenangan Prabowo-Hatta, kata Yayak,  Seniman Sriwijaya untuk Prabowo-Hatta akan melakukan sejumlah pertunjukkan kesenian di ratusan dusun dan kampung di Sumatera Selatan.

“Pertunjukan ini akan menampilkan kesenian tradisional di Sumsel, seperti musik, teater, tari, dan lainnya. Pertunjukan juga akan digelar secara sederhana. Yang penting kebersamaan bersama masyarakat buat memenangkan Prabowo-Hatta,” ujarnya.