Beranda Politik Pemilu 2019 Pilpres 2019, Erick Thohir Jadi Ketua Tim Sukses Jokowi-Maruf Amin

Pilpres 2019, Erick Thohir Jadi Ketua Tim Sukses Jokowi-Maruf Amin

359
BERBAGI
Erick Thohir ditunjuk menjadi ketua timses pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin (Liputan6.com)

TERASLAMPUNG.COM — Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019, di Posko Cemara, Jalan Cemara Jakarta Pusat, Jumat petang, 7 September 2018.

“Setelah saya dan Kiai Ma’ruf berkomunikasi dengan ketua umum, sekjen, dan banyak pihak, maka saya mengumumkan Ketua Tim Kampanye Nasional KIK adalah Erick Thohir,” ujar Jokowi di Posko Cemara, Jakarta pada Jumat, 7 September 2018.

Sebelumnya, Wakil Ketua TKN KIK, Arsul Sani mengatakan, sembilan partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja telah merestui jika Erick Thohir yang dipilih Jokowi menjadi Ketua TKN. Koalisi berkomitmen mendukung Erick. “Partai-partai KIK berkomitmen mendukungnya (Erick Thohir) menjadi Ketua TKN,” ujar Arsul kepada Tempo pada Jumat, 7 September 2018.

Pertimbangannya, ujar Arsul, Erick dinilai sebagai sosok yang memiliki track record baik dalam kepemimpinan dan kemampuan managerial, juga sosok yang tergolong muda dan merepresentasikan kaum milenial. Selain itu, ujar Arsul, Erick Thohir juga pebisnis sukses dan merupakan sosok yang bisa diterima oleh semua partai pengusung Jokowi – Ma’ruf.

BACA: Cerita Tentang Thohir dari Gunungsugih

Arsul mengatakan, nama Erick Thohir dan beberapa nama lain, memang sudah dibahas saat Jokowi mengumpulkan sembilan sekretaris jenderal partai di Istana Negara, Rabu malam lalu. “Betul (nama Erick Thohir) dibahas bersama nama-nama lain pada Rabu malam itu,” ujar Arsul.

Seorang petinggi partai koalisi yang mengetahui proses pemilihan ketua tim kampanye nasional mengatakan ada tiga
kandidat ketua tim yang diusulkan Jokowi. Mereka adalah Erick Thohir, jurnalis senior dan figur publik Najwa Shihab, serta pendiri aplikasi ride sharing Go-Jek Nadiem Makarim. Namun, Erick yang dianggap paling tepat di antara ketiganya.

Tempo.co

Loading...